Tuesday, December 6, 2022

Mengenal Apa Itu Simulasi Pinjaman Tunai dan Manfaatnya

Tags

 


Saat ini produk pinjaman tunai yang ada di Indonesia sudah semakin beragam. Dengan hadirnya pinjaman ini, siapa saja bisa mendapatkan pendanaan secara cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk berbagai tujuan, baik itu untuk kebutuhan pembelian barang konsumtif hingga untuk modal usaha.

Namun sebelum Anda berencana mengajukan pinjaman, alangkah baiknya Anda mengenal apa itu simulasi pinjaman, manfaat dan juga cara kerjanya.  Bagi yang penasaran, yuk, simak artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Simulasi Pinjaman

Simulasi pinjaman adalah sebuah kalkulator penghitungan yang kini sudah tersedia secara online. Selain itu juga bisa Anda buat sendiri secara manual. Simulasi ini yaitu berupa hitungan untuk mengetahui berapa biaya cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Selain itu, simulasi pinjaman juga akan memberitahu informasi seputar berapa total biaya mulai dari bunga dan utang yang harus Anda bayarkan hingga masa tenor atau masa pinjaman selesai.

Fungsi Simulasi Pinjaman

Cara menghitung simulasi pada dasarnya mudah, yaitu dengan menentukan jumlah pinjaman, lalu hitung dengan bunga pinjaman dan masa tenor pinjamannya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa biaya cicilan setiap bulan yang harus dikeluarkan.

Simulasi ini berfungsi untuk berbagai pinjaman mulai dari pinjaman berjenis KTA (Kredit Tanpa Agunan), dengan agunan, hingga untuk kredit pembelian barang-barang tertentu.

Manfaat Simulasi Pinjaman untuk Nasabah

Menggunakan simulasi merupakan cara bijak sebelum mengajukan pinjaman. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui kesanggupan pembayaran cicilan bulanan sehingga bisa menentukan jumlah pinjaman yang ideal sesuai dengan kemampuan finansial Anda.


Di sisi lain, pengajuan pinjaman yang melebihi kemampuan finansial juga rentan terhadap penolakkan dari pihak penyedia pinjaman. Karena dianggap tidak sesuai dengan kemampuan finansial, maka pemohon bisa saja ditolak.

Berbeda halnya jika Anda menghitungnya terlebih dahulu. Simulasi juga menjadi cara bijak untuk mengajukan pinjaman agar sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan juga mempermudah proses approve dan pencairan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait apa itu simulasi pinjaman tunai. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman, kini bisa langsung melalui platform Kreditplus yang juga sudah menyediakan simulasi online untuk menghitungnya.


EmoticonEmoticon