Tuesday, February 7, 2017

Bagaimana Memperbaiki Headset yang Mati Total?

Bagaimana Memperbaiki Headset yang Mati Total?
Memperbaiki headset yang rusak bukan merupakan perkara yang rumit. Hanya saja pengguna mesti tahu jenis kerusakan yang menimpa perangkat tersebut. Sebuah earphone sangat jarang rusak, apalagi bila Anda baru saja beli headset baru dari toko aksesoris. Akan tetapi memang rasa kecewa bisa muncul seketika, terutama ketika pengguna mendapati kerusakan pada perangkat tersebut. Salah satu jenis kerusakan yang paling sering muncul pada sebuah earphone adalah tidak ada suara yang keluar dari dalam. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun yang utama biasanya dikarenakan perangkat earphone tertekuk pada bagian kabelnya. Atau bisa jadi masalahnya adalah kawat kuningan di dalam kabel (atau bisa jadi di bagian speaker) yang terputus.

Pertanyaannya kemudian: bagaimana cara memperbaiki headset yang mengalami kerusakan? Anda bisa saja mengganti perangkat tersebut dengan perangkat anyar, yang mudah ditemukan di tempat jual headset. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa perangkat menggunakan multitester. Tempelkan alat multitester di bagian kabel serta speaker yang terhubung ke headphone. Bila memang ada kawat kuningan yang putus, maka kerusakan itu bisa dideteksi menggunakan multitester. Tempelkan salah satu ujung kabel pada monophone atau colokan stereo, dan ujung satunya di speaker. Bila jarum multitester tidak bergerak, kemungkinan besar kabel di dalam putus. Bila demikian kasusnya, Anda cukup mengganti kabel lama dengan kabel baru. Begini caranya:

  1. Ambil handphone Anda dan colokkan headphone padanya. Gerakkan kabel dari ujung ke ujung, sambil ditekuk-tekuk.
  2. Di titik tertentu akan terdengar suara pada bagian tertentu dari kabel yang ditekuk-tekuk. Bila ada suara, maka kemungkinan besar ada kabel yang putus di dalam.
  3. Potong bagian headset dimana Anda mendengar suara lirih. Caranya adalah dengan mengupas kulit kabel, kemudian potong kabelnya. Sambungkan bagian yang terpotong dengan baik hingga suara terdengar jernih.
  4. Bila suara belum terdengar di bagian yang sudah terpotong, maka coba ulangi langkah nomor dua sampai suara terdengar baik. Bila Anda yakin suara sudah terdengar baik dan jernih, maka patenkan sambungan menggunakan solder supaya tidak putus lagi. Kemudian tutup sambungan headset menggunakan selotip bening.
  5. Bila ingin hasil akhir yang lebih rapi, gunakanlah selubung ciut yang dimasukkan ke dalam bagian kabel sebelum menyambung bagian yang terpotong.
  6. Panaskan selubung ciut menggunakan hairdryer, supaya bentuknya rata dan sama seperti kawat.

Pada prinsipnya, Anda membutuhkan ketelitian ekstra guna memperbaiki headphone yang mati. Di atas permukaan, langkah-langkah perbaikan headphone seperti dijelaskan di atas mudah dilakukan, namun pada praktiknya membutuhkan fokus ekstra. Kerusakan bisa terjadi karena harga headset yang murah, jadi sebaiknya pilihlah headphone yang terjamin kualitasnya. Walau sedikit repot, mengapa tidak memperbaiki headset rusak secara mandiri?        


EmoticonEmoticon