Monday, December 5, 2022

Cara Mengobati Iritasi Pada Kemaluan Bayi Perempuan Akibat Ruam Popok



Bayi perempuan seringkali mengalami iritasi di daerah kemaluannya. Ada beberapa penyebab munculnya iritasi tersebut, salah satunya yaitu ruam popok. Iritasi pada Si Kecil harus segera diobati karena membuat mereka tidak nyaman bahkan sampai rewel. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan yang disebabkan oleh ruam popok:

Pastikan Kulit Si Kecil Bersih dan Kering

Anda harus memastikan kulit Si Kecil selalu bersih dan kering. Pasalnya kulit yang kotor bisa membawa bakteri yang membuat iritasi semakin parah. Meskipun begitu, Anda tidak boleh berlebihan membersihkan kulit bayi karena masih sangat sensitif. 

Kompres Dingin

Gejala iritasi akibat ruam popok tidak hanya berupa kulit kemerahan saja. Terkadang muncul rasa gatal dan perih yang membuat Si Kecil menjadi rewel. Untuk meredakan rasa gatal dan perih, kompres menggunakan air dingin. Jangan terlalu lama agar Si Kecil tidak kedinginan.

Ganti Popok Secara Rutin

Penyebab utama ruam popok adalah penggunaan popok yang salah. Pastikan mengganti popok secara rutin. Rekomendasi penggunaan popok yaitu diganti setiap 2 sampai dengan 3 jam sekali. Dengan begitu, iritasi tidak akan semakin parah. Selain itu, pastikan ukuran popok yang digunakan Si Kecil tepat. Karena popok yang terlalu ketat juga memicu munculnya ruam.

Gunakan Krim atau Salep

Krim atau salep bisa membantu mengobat iritasi pada kemaluan bayi perempuan. Namun krim tersebut harus yang sesuai dengan usia bayi. Jangan lupa membersihkan kulit bayi sebelum menggunakan krim.

Bawa ke Dokter

Langsung bawa ke dokter apabila ada indikasi iritasi pada bayi semakin parah. Beberapa ciri-cirinya yaitu ada bercak yang berbeda dari biasanya, kulit mulai terkelupas, bayi merasa sakit dan terus menangis, dan muncul gejala demam. Jika sudah masuk tahan ini, Anda wajib membawa ke dokter.

Itulah cara mengobati iritasi pada kemaluan bayi perempuan akibat ruam popok. Pemilihan popok menjadi hal terpenting untuk mengobati dan mencegah masalah iritasi ini. Pastikan Anda memilih popok berkualitas yaitu MAKUKU SAP Diapers. Teknologi 100% SAP dengan desain yang tepat membuat popok ini anti ruam. Lebih lengkapnya mengenai keunggulan produk popok MAKUKU SAP Diapers bisa Anda lihat di website www.makuku.co.id


EmoticonEmoticon