Saturday, October 15, 2022

Ingin Kuliah Jurusan Ekonomi? Ketahui Prospek Kerjanya Terlebih Dahulu!

Tags

Jurusan Ekonomi adalah salah satu jurusan yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain Manajemen dan Akuntansi, Jurusan Ekonomi menjadi jurusan yang paling diminati dari fakultas ini. Alasannya tentu saja karena lulusannya memiliki peluang kerja yang menjanjikan di masa depan. Jurusan Ekonomi belajar mengenai ekonomi makro, ekonomi mikro, keuangan internasional, dan masih banyak yang lainnya. Jika tertarik untuk kuliah Jurusan Ekonomi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja prospek kerjanya agar semakin semangat. Langsung saja, berikut ini adalah prospek kerja Jurusan Ekonomi:

Konsultan Ekonomi

Prospek karir lulusan Jurusan Ekonomi yang pertama adalah bekerja sebagai konsultan ekonomi. Mereka yang bekerja sebagai konsultan ekonomi harus memiliki keahlian riset dan analitik agar bisa menganalisa keadaan ekonomi dan tren. Nantinya hasil riset digunakan untuk meningkatkan operasional sebuah perusahaan.

Analis Riset Pasar

Analis riset pasar merupakan profesi yang penting bagi sebuah perusahaan. Tugas utamanya yaitu menganalisis nilai produk dan jasa sebelum dipasarkan. Jadi produk dan jasa tidak bernilai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Analis riset pasar akan menggunakan software untuk membantu mengumpulkan dan menganalisis data.

Auditor

Lulusan Jurusan Ekonomi juga masih bisa bekerja sebagai seorang auditor. Auditor sendiri mirip dengan akuntan. Namun akuntan lebih di pencatatan, sedangkan auditor pada analisis laporan. Auditor nantinya harus mengambil kesimpulan dari laporan keuangan yang ada. 

Pemeriksa Keuangan

Pemeriksa keuangan bukan akuntan karena tugasnya lebih ke memeriksa dan memastikan transaksi keuangan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu saja, seorang pemeriksa keuangan juga harus mampu memastikan bahwa transaksi keuangan sudah sesuai peraturan dan hukum yang berlaku. 

Aktuaris

Jika Anda suka dengan matematika dan statistika dalam ilmu ekonomi, maka profesi sebagai aktuaris cocok untuk dijadikan pilihan. Aktuaris memanfaatkan keahlian di bidang statistik dan matematika agar bisa menentukan nilai aset yang bisa diasuransikan. Aktuaris sering berhadapan dengan rumus dan angka untuk menghitung nilai aset.

Analis Kredit

Seorang analis kredit bertugas memeriksa dan menilai risiko dari sebuah pinjaman. Mereka bisa bekerja pada perusahaan maupun individual. Penilaian risiko dilakukan berdasarkan tren ekonomi saat ini, kompetitor, keadaan industri, dan lain sebagainya. Selain itu, analis kredit juga menentukan jumlah dan bunga pinjaman untuk klien. 

Manajer Kompensasi dan Tunjangan

Manajer kompensasi dan tunjangan bekerja pada sebuah perusahaan dengan banyak karyawan. Dibutuhkan pengalaman untuk berada di posisi ini. Pada umumnya, tugas utama manajer kompensasi dan tunjangan adalah mengatur sistem pembayaran dan tunjangan karyawan. Agar bisa melakukannya, tim akan bekerja sama dengan departemen SDM.

Pengajar

Prospek kerja Jurusan Ekonomi yang terakhir adalah sebagai pengajar. Saat ini banyak pebisnis yang lebih memilih mencari pendidikan non formal untuk belajar mengenai bisnis. Anda bisa melamar sebagai pengajar untuk mengajar mengenai bisnis. Jika ingin menjadi dosen, Anda harus melanjutkan pendidikan terlebih dahulu.

Rekomendasi Universitas dengan Jurusan Ekonomi Terbaik

Selain memilih jurusan yang tepat, calon mahasiswa juga harus memilih kampus yang tepat. Universitas Indonesia adalah kampus yang tepat untuk Anda yang ingin kuliah Jurusan Ekonomi. Jurusan S1 Ilmu Ekonomi sendiri hanya tersedia pada kelas reguler saja. Jadi tidak ada untuk kelas paralel dan kelas internasional.

Kuota jumlah masuk untuk program S1 Reguler yaitu 50% dari SNMPTN dan 50% dari SBMPTN dan SIMAK. Anda bisa mencoba masuk Jurusan Ekonomi melalui tiga jalur masuk yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK. Selain jenjang Sarjana, Jurusan Ekonomi juga tersedia di jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3).

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Jurusan Ekonomi dari Universitas Indonesia, Anda bisa mengakses website di www.ui.ac.id. Di website tersebut juga ada informasi mengenai pembukaan pendaftaran mahasiswa baru.


EmoticonEmoticon