Tuesday, October 11, 2022

Keuntungan Menggunakan Motor Listrik yang Perlu Anda Ketahui

Tags

Teknologi yang semakin maju memunculkan banyak inovasi di dunia otomotif. Motor listrik atau motor yang menggunakan tenaga listrik untuk bisa bergerak sebenarnya sudah lama ada. Namun akhir-akhir ini motor bertenaga listrik semakin populer. Salah satu tandanya yaitu semakin banyaknya brand-brand baru yang merilis motor bertenaga listrik. Selain itu, motor bertenaga listrik juga sudah semakin inovatif dengan desain seperti motor konvensional pada umumnya. 


Popularitas motor bertenaga listrik sedikit banyak dipengaruhi oleh keuntungan menggunakannya. Berikut ini adalah berbagai keuntungan menggunakan motor bertenaga listrik yang perlu Anda ketahui:


Ramah Lingkungan


Keuntungan menggunakan motor bertenaga listrik yang pertama bukan hanya untuk Anda sendiri namun juga untuk orang lain. Jenis motor ini tidak melakukan pembakaran dan menghasilkan emisi sehingga dianggap ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor berperan paling besar menyebabkan polusi udara di kota-kota besar.


Tidak Menimbulkan Polusi Suara


Bukan hanya ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara saja, motor bertenaga listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Tidak sedikit motor konvensional yang suaranya sangat nyaring dan berisik. Sedangkan suara motor bertenaga listrik lebih halus. Anda tidak akan mengganggu orang lain ketika menggunakannya karena suaranya yang halus tersebut.


Lebih Hemat


Motor bertenaga listrik merupakan jenis motor yang mengubah tenaga listrik menjadi tenaga mekanik. Listrik akan disimpan pada sebuah baterai untuk digunakan ketika motor dinyalakan. Jika menggunakan motor ini, Anda tidak perlu membeli bahan bakar minyak lagi. Anda cukup mengisinya secara berkala ketika baterai habis. Motor ini bisa hemat karena harga energi listrik yang dibutuhkan lebih rendah dari pembelian BBM. Pasalnya motor bertenaga listrik termasuk motor yang efisien.



Mudah Dipakai


Takut tidak bisa mengendarai motor bertenaga listrik? Tenang saja, motor ini sudah didesain seperti motor konvensional biasanya. Jadi proses mengendarainya juga sama. Bahkan banyak yang bilang motor bertenaga listrik lebih mudah dipakai karena lajunya bisa stabil dengan mode berkendara yang diterapkan.


Lebih Ringan


Selain mudah digunakan atau dikendarai, motor bertenaga listrik juga terasa lebih ringan dibandingkan dengan motor konvensional. Sebagian besar motor bertenaga listrik memiliki sistem pengereman yang kuta. Jadi akan mudah digunakan ketika kondisi jalanan sedang padat.


Perawatan Mudah dan Murah


Meskipun menggunakan teknologi baru, namun nyatanya perawatan motor bertenaga listrik mudah dan murah. Berbeda dengan komponen motor konvensional yang harus diganti secara rutin, tidak ada komponen dari motor bertenaga listrik yang perlu diganti. Anda hanya perlu membersihkan komponen serta mengganti minyak rem agar performanya selalu baik. 


Akselerasi Lebih Optimal


Keuntungan menggunakan motor bertenaga listrik yang terakhir yaitu memiliki akselerasi yang lebih optimal dan lebih baik dari motor konvensional. Motor ini memberikan torsi penuh secara langsung. Meskipun tenaganya kuat, namun motor bertenaga listrik tetap hemat energi.


Itulah beberapa keuntungan menggunakan motor listrik yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk memilikinya? Brand motor bertenaga listrik terbaru yaitu Alva merilis motor generasi pertamanya yang bernama “One”. Motor satu ini diperkenalkan saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Desainnya yang gagah dan sporty membuat Alva One mencuri banyak perhatian.


Motor ini juga memiliki mode eco yang hemat bahan bakar. Saat ini proses pemesanan baru bisa dilakukan secara pre order melalui website www.alvaauto.com. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mencoba test ride untuk merasakan performanya. Spesifikasi lengkap mengenai motor Alva One bisa dilihat di website yang sama.


EmoticonEmoticon