Tuesday, September 20, 2022

Tips Memilih Content Marketing yang Tepat

Tags

Dewasa ini ada banyak sekali jenis content marketing yang bisa Anda pilih untuk membantu pemasaran. Adapun jenis-jenisnya pun cukup beragam mulai dari tulisan, video, audio hingga gambar atau foto. Namun perlu Anda ketahui, sebelum menentukan tipe konten yang akan Anda buat, ada beberapa aspek yang penting untuk Anda ketahui, yaitu memilih konten sesuai dengan platform yang Anda gunakan.


Contohnya, jika platform yang akan Anda gunakan adalah Instagram, maka konten yang Anda buat yaitu jenis video singkat, gambar atau foto. Kemudian Anda tambahkan caption. Begitu juga dengan platform lainnya yang juga harus Anda sesuaikan jenisnya.


Tips Memilih Konten yang Tepat


Konten bisa membantu produk atau jasa yang kamu tawarkan menjadi viral. Selain itu, konten yang bagus juga bisa menarik jumlah audiens yang lebih besar. Dengan begitu brand yang Anda miliki akan dikenal oleh banyak orang. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi penting terkait bagaimana cara memilih konten pemasaran yang tepat.



1.  Konten Harus Relevan dengan Produk/Jasa


Memilih konten yang akan Anda buat harus Anda sesuaikan dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Relevansi merupakan hal yang sangat penting agar konten yang Anda bangun atau Anda buat bisa relevan dengan bisnis Anda sehingga audiens tahu apa yang Anda jual atau Anda tawarkan.


Contohnya, Anda mencari tema konten review produk, maka produknya harus sesuai dengan apa yang Anda jual.


2.  Carilah Tema yang Sedang Viral  


Konten yang menarik bisa Anda bangun dengan cara mencari tahu apa yang sedang viral. Setelah Anda menentukan relevansi tema konten, maka selanjutnya Anda cari tahu apa yang sedang viral dan tentunya relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.


Contohnya jika bisnis Anda di bidang jasa traveling seperti paket wisata, carilah tempat yang saat ini sedang viral untuk Anda buat konten. Kemudian buatlah konten yang bermanfaat bagi para audiens contohnya seperti review tempat wisata, fasilitas apa saja yang tersedia, harga tiket masuk dan lainnya.


3.  Konten Tidak Selalu Harus Berjualan


Meskipun namanya konten marketing, akan tetapi konten yang Anda buat tidak selalu harus berjualan saja. Anda juga bisa membuat sebuah konten yang bersifat soft selling yang tidak terlalu berjualan.


Contohnya, jika Anda menjual produk sepatu branded, silahkan buat konten soft selling seputar ciri-ciri sepatu asli untuk brand yang Anda jual. Jelaskan tanpa harus berjualan, baru di akhir konten Anda bisa mengarahkan CTA (Call to Action) untuk membeli produknya kepada Anda, namun secara singkat.


4.  Perhatikan Kualitas Konten


Kualitas konten menjadi salah satu kunci sukses konten yang Anda buat bisa diterima oleh audiens. Contohnya, jika Anda membuat sebuah konten berjenis foto, maka pastikan Anda mengambil gambar foto yang jelas dengan pencahayaan yang maksimal. Ambil beberapa foto dari berbagai sudut pandang agar audiens bisa mengetahuinya secara detail.


Kualitas konten ini sangat penting sekali untuk Anda perhatikan mengingat kualitasnya juga sangat menentukan kesuksesannya.


Kesimpulan


Pilih jenis konten sesuai dengan platform yang akan Anda gunakan baik itu video, gambar, tulisan dan lainnya. Dengan penyesuaian ini, maka konten tersebut bisa diterima dan tepat sasaran.


Bagi Anda yang bingung membuat content marketing yang baik dan benar, kini Anda bisa mempercayakan proses pembuatannya kepada Ideoworks yang merupakan sebuah layanan digital marketing agency terpercaya.


EmoticonEmoticon