Tuesday, September 6, 2022

Mengenal Lebih Jauh Tentang Pengertian Edukasi Kesehatan

Tags

pengertian edukasi kesehatan



Pendidikan kesehatan merupakan salah satu aspek dari promosi kesehatan. Itu dapat ditemukan di sekolah, di tempat kerja, di tempat perawatan kesehatan, dan sebagai bagian dari layanan kesehatan masyarakat. Ini melibatkan penggunaan media massa dan mungkin termasuk penggunaan metode pendidikan untuk mengubah pengetahuan dan mempengaruhi sikap para profesional dan pembuat kebijakan. 


Karena banyak pembelajaran terjadi di lingkungan informal, orang yang bekerja dalam pendidikan kesehatan dapat ditemukan bekerja dengan kelompok pemuda, organisasi masyarakat, dan jurnalis televisi, radio, dan pers. Teknik dapat mencakup materi pendidikan tertulis atau pendekatan partisipatif yang mencakup teater, lagu, dan tarian.

pengertian edukasi kesehatan



Pendidikan kesehatan dan bidang promosi kesehatan yang lebih luas sekarang menjadi standar dan bagian penting dari setiap sistem pelayanan kesehatan dan semakin bergantung pada penilaian nilai investasinya.


Pengertian Edukasi Kesehatan


Pendidikan kesehatan merupakan salah satu strategi pelaksanaan program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit. Pendidikan kesehatan memberikan pengalaman belajar tentang topik kesehatan. 


Strategi pendidikan kesehatan disesuaikan untuk populasi sasaran mereka. Pendidikan kesehatan menyajikan informasi kepada populasi sasaran tentang topik kesehatan tertentu, termasuk manfaat/ancaman kesehatan yang mereka hadapi, dan menyediakan alat untuk membangun kapasitas dan mendukung perubahan perilaku dalam pengaturan yang sesuai.


Contoh kegiatan pendidikan kesehatan antara lain:


  • kuliah

  • Kursus

  • Seminar

  • webinar

  • Lokakarya

  • Kelas


Karakteristik strategi pendidikan kesehatan meliputi:


  • Partisipasi populasi sasaran.

  • Penyelesaian penilaian kebutuhan masyarakat untuk mengidentifikasi kapasitas, sumber daya, prioritas, dan kebutuhan masyarakat.

  • Merencanakan kegiatan pembelajaran yang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta.

  • Implementasi program dengan kurikulum dan materi yang terintegrasi, terencana dengan baik yang berlangsung dalam suasana yang nyaman bagi peserta.

  • Penyajian informasi dengan dukungan audiovisual dan berbasis komputer seperti slide dan proyektor, video, buku, CD, poster, gambar, situs web, atau program perangkat lunak.

  • Memastikan kemahiran staf program, melalui pelatihan, untuk menjaga kesetiaan pada model program.



Contoh Intervensi Pendidikan Kesehatan


  • Program Penjangkauan Kesehatan Mulut, yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan Kesehatan Wilayah Pesisir Timur (AHEC), memberikan pendidikan dan penjangkauan gigi kepada anak-anak.

  • SLV N.E.E.D. (Program Distribusi Pemberdayaan Pendidikan Nalokson), yang dilaksanakan oleh Pusat Pendidikan Kesehatan Area San Luis Valley (SLVAHEC) memberikan sesi pendidikan kepada penyedia dan pemangku kepentingan masyarakat tentang mengatasi penyalahgunaan opioid.

  • Petugas kesehatan masyarakat (PKBM) dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada populasi sasaran. Contoh bagaimana petugas kesehatan mendukung intervensi pendidikan kesehatan tersedia di Toolkit Pekerja Kesehatan Masyarakat.

  • Pendidikan kesehatan juga digunakan dalam koordinasi perawatan untuk mengatasi hambatan perawatan. Pendidik kesehatan adalah salah satu jenis koordinator perawatan yang memberikan pendidikan kepada individu, keluarga, dan masyarakat. Informasi tambahan tersedia di Perangkat Koordinasi Perawatan Pedesaan.


Pertimbangan untuk Implementasi


Kegiatan pendidikan kesehatan harus meningkatkan tujuan keseluruhan dari program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit. Materi yang dikembangkan untuk program pendidikan kesehatan harus sesuai secara budaya dan disesuaikan dengan populasi sasaran untuk memastikan kompetensi budaya. Di masyarakat pedesaan, ini berarti mengatasi perbedaan budaya dan bahasa, dan mengatasi hambatan potensial untuk promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di daerah pedesaan.


Proses investasi yang terencana dan terorganisir dalam pendidikan untuk mencapai peningkatan kesehatan populasi.


Ini melibatkan peluang yang dibangun secara sadar untuk belajar yang dimaksudkan untuk memfasilitasi perubahan perilaku menuju tujuan kesehatan yang telah ditentukan.





EmoticonEmoticon