Monday, September 19, 2022

Mengenal Apa Itu Cloud Kitchen dan Kelebihannya

Tags



Dewasa ini semakin banyak sekali strategi dan media yang bisa membantu Anda untuk membangun bisnis kuliner agar tumbuh semakin pesat. Cloud kitchen atau dapur awan adalah salah satunya. Ingin tahu apa itu cloud kitchen dan apa saja manfaatnya? Simak artikel ini hingga selesai.

Penjelasan Singkat Tentang Cloud Kitchen

Pertama-tama, kami akan coba menjelaskan kepada Anda arti dari dapur awan ini. Cloud kitchen atau ghost kitchen pada dasarnya merupakan sebuah layanan pembelian dan pengantaran makanan online.

Hanya saja, proses pembuatannya dilakukan di tempat khusus berupa dapur pada umumnya yang terdiri dari beberapa brand kuliner.

Manfaat Cloud Kitchen dalam Bisnis Kuliner

Potensi bisnis ini kini menjadi lebih populer berkat hadirnya teknologi digital yang semakin canggih dan juga mempermudah proses pengelolaan bisnis kuliner. Cloud kitchen adalah solusinya. Berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda apa saja manfaatnya.


1.  Memangkas Biaya SDM

Konsep dapur awan akan memiliki konsep operasional yang minimalis. Anda hanya perlu mempersiapkan dua orang saja di dalam tim. Satu orang untuk memasak dan satunya lagi untuk mencatat pesanan.

2.  Sewa Tempat Lebih Murah

Berbeda dengan menyewa tempat di lokasi-lokasi yang strategis, dapur di cloud kitchen harga sewanya jauh lebih terjangkau. Sewa bulanannya bahkan sangat ideal untuk yang baru mulai berbisnis kuliner.

3.  Lokasi Dekat dengan Target Konsumen

Anda berpotensi untuk memiliki banyak lokasi sesuai dengan target konsumen yang Anda inginkan. Dengan semakin banyak cabangnya, maka Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Dengan begitu, proses order dan pengiriman jauh lebih cepat.

4.  Kontrol Produk Mudah dan Nyaman

Anda bisa mengontrol bisnis kuliner melalui sistem online sehingga lebih mudah dan juga cepat. Contohnya seperti menggunakan aplikasi delivery hingga aplikasi laporan keuangan.

5.  Proses Delivery Lebih Mudah

Seperti yang Anda ketahui, saat ini pemesanan makanan secara online tidak hanya sekedar trend semata, tapi merupakan kebutuhan. Dengan memberikan layanan delivery yang memudahkan pelanggan, maka tidak sulit bagi Anda untuk menjaring konsumen.

Demikian penjelasan seputar apa itu cloud kitchen dan apa saja manfaatnya untuk bisnis kuliner. Simak informasi kuliner menarik lainnya di situs Unilever Food Solutions (UFS).


EmoticonEmoticon