Monday, September 19, 2022

Detektor Logam Emas: Simak Fungsi Serta Cara Kerjanya!

Tags

Metal detector Minelab CTX 3030 professional | LovecPokladu.cz

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang mudah untuk dibentuk serta dijadikan perhiasan. Emas ini sendiri berasal dari alam secara langsung, sehingga untuk bisa mendapatkannya bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan alat detektor logam khusus emas. 


Detektor logam untuk emas ini sendiri merupakan sebuah alat atau perangkat yang dilengkapi dengan kemampuan untuk bisa mendeteksi keberadaan emas yang terpendam didalam bawah tanah. Dengan demikian untuk bisa menemukan emas sekarang, menjadi jauh lebih praktis dan juga efisien berkat bantuan alat pendeteksi logam emas yang satu ini. 


Cara Kerja Detektor Emas


Menyinggung soal cara kerja dari detektor emas ini sendiri, yaitu dengan mentransmisikan medan elektromagnetik pada area yang akan dicari keberadaan emasnya seperti misalkan di bawah tanah. 


Kemudian dari medan elektromagnetik tersebut akan langsung menginduksikan sebuah arus listrik yang dapat dipicu oleh emas. Setelahnya alat detektor emas yang digunakan akan memberikan sebuah sinyal atau suara, sebagai pemberitahuan bahwa terdapat logam emas di tempat yang Anda jelajahi tersebut. 


Pada dasarnya detektor emas tidak jauh berbeda dengan detektor logam. Hanya perbedaan yang cukup mencolok pada detektor emas ini adalah, terdapat kalibrasi serta pengoptimalan khusus, agar bisa mendeteksi keberadaan emas dengan lebih akurat. 


Setidaknya pada alat detektor emas ini, sudah diterapkan dengan beberapa teknologi terbaru seperti diantaranya ZVT, DVT, Multi-IQ dan lain sebagainya.



Komponen yang Terdapat Pada Detektor Emas


Dalam alat detektor logam emas ini, biasanya terdapat beberapa komponen yang diantaranya adalah sebagai berikut:


Search coil


Komponen pertama yang terdapat pada alat detektor emas ini adalah Search coil. Yang mana komponen satu ini memiliki fungsi untuk menyapu tanah agar mudah diidentifikasi mencari keberadaan emas di dalam bawah tanah. Dengan demikian bisa dikatakan semakin baik kualitas dan ukuran search coil pada alat detektor emas ini, maka akan semakin baik pula hasil pencarian emas yang akan dilakukan. 


Shaft


Selanjutnya di dalam perangkat detektor emas ini terdapat sebuah komponen yang bernama shaft. Yang mana komponen satu ini memiliki fungsi untuk menghubungkan seluruh komponen yang ada dalam detektor emas, agar bisa saling menciptakan kesinambungan untuk mendeteksi keberadaan emas.  


Stabilizer


Stabilizer merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam detektor logam, dengan fungsi untuk memudahkan dalam melakukan pencarian emas secara stabil. Karena seperti dari namanya, komponen yang satu ini bisa memberikan stabilitas kepada pengguna alat detektor ini ketika memindai keberadaan emas dari satu tempat ke tempat lainnya. 


Kotak kontrol


Komponen terakhir yang ada dalam perangkat detektor emas ini adalah kotak kontrol, yang merupakan otaknya dari alat detektor emas ini. Pada komponen ini terdiri dari beberapa bagian penting lainnya lagi pada detektor emas, seperti diantaranya ada processor, pembaca, baterai, pengaturan perangkat detektor dan lain sebagainya. 


Rekomendasi Detektor Emas yang Bisa Diandalkan


Kalaupun Anda sedang mencari detektor logam emas yang bisa diandalkan maka berikut ada beberapa alat pendeteksi logam emas dari Minelab yang bisa Anda pilih. 


GPZ 7000


Pilihan alat detektor emas untuk yang sudah profesional adalah GPZ 7000. Yang mana alat ini sudah menerapkan teknologi yang paling mutakhir untuk bisa mencari keberadaan emas di dalam bawah tanah. 


GOLD Monster 1000


Sementara untuk yang masih awam, maka rekomendasi detektor emas yang bisa dipilih adalah GOLD Monster 1000. Alasan perangkat ini cocok untuk pemula adalah karena sistem pengoperasiannya yang sudah serba otomatis. 

Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon