Friday, June 10, 2022

Kriteria Pasir Berkualitas dari Supplier Bahan Bangunan Terbaik

Tags

 


Pasir merupakan salah satu material bangunan berupa butiran tanah kasar hasil dari pelapukan sedimen dan batuan beku. Material bangunan satu ini terdiri dari partikel mineral dan batuan yang terpecah hingga halus. Beberapa orang awam mungkin mengira bahwa pasir yang dijual supplier bahan bangunan sama saja. Padahal kenyataannya kualitas pasir bisa berbeda-beda di setiap supplier.

Anda harus mengetahui kriteria pasir berkualitas sebelum membelinya di supplier. Pasalnya pasir yang berkualitas membuat bangunan atau infrastruktur yang dibangun juga lebih kokoh dan tahan lama.

Kriteria Pasir Berkualitas

SNI atau Standar Nasional Indonesia menetapkan beberapa kriteria pasir yang berkualitas. Langsung saja, berikut ini adalah standar dari SNI:


  • Memiliki indeks kekerasan kurang dari 2.2.

  • Memiliki butiran yang keras dan tajam.

  • Tidak mudah hancur. Hanya hancur 12% ketika diuji dengan natrium sulfat dan 10% ketika diuji dengan magnesium sulfat.

  • Tidak mengandung lumpur lebih dari 5%.

  • Memiliki susunan yang beraneka ragam.

  • Tidak mengandung banyak bahan organik.

  • Pilih pasir pasang untuk memplester.

  • Tidak menggunakan pasir laut untuk campuran beton.

  • Memiliki reaksi negatif terhadap golongan alkali.

Produk Pasir Berkualitas yang Bisa Anda Beli

Pasir yang dijual oleh supplier berasal dari daerah yang beragam. Berikut ini adalah rekomendasi asal produk pasir yang bisa Anda pilih:

  1. Pasir Tayan

Pasir Tayan merupakan pasir sungai yang pada umumnya memiliki kadar silika di atas 97%. Karena kadar silika yang tinggi, jenis pasir satu ini sangat baik digunakan sebagai pasir cor atau pasir beton. Selain kadar silika yang tinggi, kadar lumpurnya juga rendah. Pasir Tayan paling direkomendasikan untuk dijadikan perekat pasangan mortar bata merah, bata ringan, ataupun batako.

  1. Pasir Pulang Pisau

Rekomendasi pasir berkualitas selanjutnya adalah pasir Pulang Pisau. Pasir jenis ini juga termasuk pasir yang sering dipilih kontraktor ketika melakukan pembangunan. Kualitasnya baik sehingga membuat bangunan menjadi lebih kokoh.

  1. Pasir Belitung

Pasir Belitung termasuk salah satu jenis pasir yang paling populer. Bahkan pasir dari pulau Belitung ini dijual ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Dibandingkan pasir daerah lain, pasir Belitung dianggap memiliki kualitas yang sangat baik. Agar kualitasnya tetap bagus, jangan campur pasir Belitung dengan pasir daerah lain.

  1. Pasir Cimalaka

Pasir Cimalaka merupakan pasir berkualitas yang ditambang dari daerah Cimalaka, Jawa Barat. Pasir satu ini termasuk kelompok pasir hitam kelas satu. Karena ditambang dengan cara disedot, kandungan lumpur pasir Cimalaka pun sedikit yaitu antara 5-8%. Anda bisa menggunakannya untuk pengecoran atau pemasangan batu pondasi.

  1. Pasir Bangka

Bukan hanya pasir Belitung saja yang berkualitas, pasir Bangka juga termasuk pasir yang berkualitas. Pasir Bangka sering digunakan untuk kebutuhan konstruksi seperti tembok, pemasangan batu pondasi, pengecoran, dan lain sebagainya. Jenis pasir ini halus sehingga tidak perlu melakukan pengayakan lagi. Warna Nya juga beragam, Anda bisa request sesuai kebutuhan. 

  1. Pasir Galunggung

Pasir Galunggung merupakan pasir yang berasal dari kaki Gunung Galunggung, Tasikmalaya. Jenis pasir ini termasuk pasir Jawa yang sangat populer. Kekuatan dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak yang membuktikan. Pasir Galunggung ini bisa digunakan untuk semua jenis pembangunan.

Itulah pembahasan mengenai pasir berkualitas untuk semua jenis pembangunan. Apabila Anda mencari supplier bahan bangunan terbaik, PT. Gerbang Watugunung Niaga adalah pilihannya. Perusahaan ini menjual material galian C yang berkualitas, termasuk pasir. Sudah banyak kontraktor yang bekerja sama dalam berbagai jenis pembangunan. Informasi pemesanan dan penawaran terbaik bisa Anda dapatkan melalui website resmi PT. Gerbang Watugunung Niaga yaitu www.gerbangwatugunungniaga.com



EmoticonEmoticon