Tuesday, June 7, 2022

3 Jenis Vaksin yang Bisa Mencegah Calicivirus Pada Kucing dan Penyakit Lainnya

Jika Anda merawat binatang peliharaan atau seekor kucing, tentu harus siap dengan segala kerepotannya. Karena Anda tidak hanya perlu memberikan makan saja, tetapi juga harus menjaga kesehatan mereka. Sama halnya dengan manusia, kucing juga rentan terserang penyakit, baik oleh virus atau bakteri. Salah satu yang sering dialami hewan nokturnal ini adalah calicivirus pada kucing.


Calicivirus pada kucing adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, imun dan mulut kucing. Virus ini mudah menyebar dengan masa inkubator yang relatif singkat. Yakni, hanya 2 sampai 4 hari saja.


Tentunya, untuk menghindari serangan penyakit ini, dibutuhkan vaksinasi, kebersihan lingkungan dan pemberian makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang.


Jenis Vaksin Untuk Kucing


Selain calicivirus pada kucing, binatang lucu ini juga rentan terhadap virus lain. Sehingga, dibutuhkan beberapa vaksin agar tubuh kucing memiliki kekebalan tubuh yang baik untuk menangkal virus dan bakteri yang ada.


Berikut, beberapa vaksin yang dibutuhkan oleh kucing yang perlu Anda ketahui:


Vaksin rabies


Rabies bukan hanya menyerang pada anjing saja. Kucing Anda pun rentan dengan penyakit ini.


Jika tidak diketahui dan ditangani dengan baik, bisa saja ini menyebabkan kematian hewan peliharaan Anda.



Gejala yang terjadi pada kucing jika terkena virus ini:


  • Bertingkah agresif
  • Terjadi kejang
  • Keluar air liur secara berlebihan

Untuk pencegahannya, Anda wajib memberikan kucing Anda vaksin rabies. Karena penyakit ini bukan hanya membahayakan kucing, tetapi juga jiwa Anda sendiri.


Vaksin FCV


Sebelum terjadi calicivirus, sebaiknya Anda melakukan vaksin FCV atau vaksin Feline Calicivirus. 


Pada kasus tertentu, penyakit calicivirus dapat menyebabkan kucing mengalami dehidrasi parah, kerusakan fungsi hati dan pembengkakan saluran pernapasan dan bahkan kematian.


Vaksin FHV-1


Vaksin FHV-1 dimaksudkan untuk melakukan pencegahan dari serangan penyakit feline rhinotracheitis. 


Penyakit ini menyerang saluran pernapasan kucing. Ditandai dengan gejala, hidung dan mata keluar cairan berlebih. Bahkan, pada kasus tertentu, penyakit ini dapat menyebabkan pneumonia.


Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan dengan tuntas. Karena sewaktu-waktu, bisa saja kambuh kembali. Namun, vaksin dapat mengurangi gejala yang ditimbulkan.


Untuk pemberian vaksin sendiri, Anda bisa memulainya saat kucing berusia 6 sampai 8 minggu, hingga mereka berusia 20 minggu. Anda bisa mengatur jadwal pemberian vaksin sesuai dengan anjuran dokter hewan pribadi Anda.


Jika sudah melakukan pencegahan maksimal terhadap penyakit kucing, ada baiknya mengimbangi dengan pemberian makanan dengan nutrisi tepat dan bergizi. Percayakan makanan kucing Anda pada Royal Canin yang telah dipercaya oleh jutaan pecinta kucing di seluruh dunia. 


Jangan lupa untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kucing Anda berada. Tempat yang kotor dan jarang dibersihkan, mudah terkontaminasi virus berbahaya. 


EmoticonEmoticon