Tuesday, April 12, 2022

Ingin Membeli Cincin Kawin Berlian? Pahami 6 Hal Ini Terlebih Dahulu!

Tags

Semua orang pasti menginginkan wedding ring terbaik untuk hari paling spesial dalam hidupnya. Namun ketika membeli, mereka kebingungan untuk memilih cincin kawin yang tepat. Pasalnya cincin yang ada di pasaran sangat banyak dan beragam. Mulai dari model, logam, batu permata, hingga harganya. Cincin yang mahal belum tentu berkualitas, begitu pula sebaliknya. Sebelum membeli cincin berlian, akan lebih baik jika Anda memahami beberapa hal penting berikut ini:


Cut (Potongan)


Cut atau potongan ternyata adalah yang paling penting dari kualitas berlian 4C (cut, color, carat, clarity). Pasalnya potongan berpengaruh besar pada kilauan berlian, bahkan lebih berpengaruh dibandingkan clarity atau kejernihan. Jika dipotong dengan baik dan proporsional, berlian mampu memantulkan dengan sempurna. Berdasarkan penilaian GIA, kualitas potongan berlian ada lima yaitu poor, fair, good, very good, dan excellent. Level paling tinggi adalah excellent dan paling rendah adalah poor. Hindari memilih cincin kualitas poor.




Color (Warna)


Color atau warna juga termasuk pertimbangan penting ketika akan membeli sebuah cincin berlian. Warna berlian dinilai dengan huruf mulai dari D hingga Z. Berlian tak berwarna adalah berlian paling langka dengan tampilan seperti es murni. Berlian tersebut dinilai dari angka D-F. Sedangkan berlian hampir tak berwarna dengan kualitas yang sudah cukup bagus yaitu G-H dan I-J. Berlian warna samar untuk yang menginginkan cincin terjangkau, penilaiannya adalah K.


Carat (Berat Carat)


Carat pada berlian berbeda dengan karat yang juga ada pada perhiasan emas. Karat pada emas menunjukkan kemurnian, sedangkan pada berlian menunjukkan berat berlian namun bukan ukurannya. Jadi berlian berukuran sama belum tentu memiliki carat yang sama. Potongan sangat penting untuk memaksimalkan kilauan. Jadi jangan berlian besar apabila potongannya buruk juga tidak bisa menghasilkan kilauan maksimal.


Clarity (Kejernihan)


Hal yang harus dipahami sebelum membeli cincin kawin selanjutnya adalah clarity atau kejernihan. Clarity menunjukkan ketidaksempurnaan pada batu berlian cincin yang Anda beli. Ada enam kategori kejernihan berlian yaitu FL (flawless), IF (internal flawless), VVS (very very slightly included), VS (very slightly included), SI (slightly included), dan I (included). Kategori paling tinggi tanpa noda adalah FL, sedangkan paling rendah adalah I. Jika budget untuk membeli cincin terbatas, kategori SI dan VS sudah cukup baik karena inklusi tidak terlihat tanpa pembesaran.


Model Bentuk Berlian


Bentuk berlian pada cincin ternyata sangat beragam. Beberapa orang hanya memilih bentuk berlian sesuai selera tanpa mempertimbangkan apapun. Padahal sebenarnya bentuk berlian juga berpengaruh pada kilauannya. Bentuk berlian paling populer dan paling laris adalah round cut. Selain itu, ada beberapa bentuk berlian lain seperti emerald, princess, marquise, oval, pear, heart, dan lain sebagainya.


Sertifikat Berlian


Hal terakhir yang perlu Anda pahami adalah sertifikat berlian. Apabila membeli cincin berlian asli, pastikan memiliki sertifikat. Pasalnya sertifikat tersebut menunjukkan keaslian berlian. Di dalam sertifikat juga tertulis spesifikasi mulai dari carat, cut, color, hingga clarity. Dua lembaga sertifikasi berlian paling populer adalah GIA (Gemological Institute of America) dan AGS (American Gem Society).


Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli cincin kawin. Jika sudah paham, Anda bisa membeli cincin di The Palace. Cincin yang ditawarkan berkualitas dengan berlian indah dan berkualitas. Modelnya beragam mulai dari desain simple hingga mewah dan unik. 


Seri Kekaseh merupakan salah satu yang direkomendasikan untuk Anda. Seri tersebut terinspirasi dari motif batik Indonesia yang menarik. Ada enam desain yang bisa pilih sesuai selera. Lebih lengkapnya mengenai cincin nikah The Palace bisa dilihat di www.thepalacejeweler.com. 


EmoticonEmoticon