Sunday, December 5, 2021

Inilah Bedanya Tabungan Berjangka dan Deposito

Tags


Ada dua jenis produk berjangka yang bisa Anda temukan di bank. Pertama adalah produk deposito, sedangkan yang kedua adalah tabungan berjangka. Keduanya sama-sama memiliki jangka waktu menabung. Jika dana diambil sebelum jangka waktu, maka nasabah akan mendapatkan penalti atau denda. Meskipun memiliki persamaan namun tabungan jenis berjangka berbeda dengan deposito. Apa saja perbedaanya? Berikut di antaranya:

Penyetoran Dana

Perbedaan pertama di antara keduanya ada pada proses penyetoran dana. Penyetoran dana pada deposito dilakukan satu kali yaitu di awal pembukaan. Sementara tabungan jenis berjangka harus melakukan penyetoran setiap bulan.

Sebagai contoh pada deposito, nasabah akan melakukan setoran awal sebesar Rp 8 juta. Namun pada tabungan jenis berjangka, nasabah harus melakukan setoran awal dan juga bulanan. Besar setoran awal dan bulanan tergantung kemampuan nasabah. 




Jangka Waktu

Perbedaan selanjutnya ada pada jangka waktu atau rentang waktu. Tabungan berjangka jauh lebih fleksibel jika dibandingkan dengan produk deposito. Jangka waktu dari tabungan biasanya sesuai dengan target tabungan. 

Apabila target tabungan bisa tercapai cepat, maka dana juga bisa langsung diambil. Berbeda dengan deposito yang memiliki jangka waktu sama seperti pertama kali mendaftar. 

Setoran Awal

Setoran awal produk deposito cukup tinggi, biasanya di atas Rp 5 juta. Sementara tabungan jenis berjangka bisa dimulai dengan setoran yang ringan. Inilah alasan mengapa banyak orang lebih memilih produk tabungan jenis berjangka.

Biaya

Perbedaan yang terakhir adalah biaya yang dibebankan pada nasabah. Jika mendaftar deposito, nasabah hanya membayar satu kali di awal saja. Tidak ada biaya lainnya kecuali biaya penalti jika mencairkan deposito sebelum waktunya.

Sementara tabungan jenis berjangka memiliki beberapa biaya. Contohnya yaitu biaya penalti akibat mencairkan dana sebelum jangka waktu dan biaya tunggak akibat tidak menyetorkan dana bulanan.

Itulah perbedaan antara tabungan berjangka dan deposito yang perlu Anda ketahui. Jika membutuhkan tabungan dalam jangka yang tidak terlalu panjang, tabungan jenis berjangka adalah pilihan tepat. Bank Danamon menawarkan produk Tabungan Cita2Ku yang sangat menguntungkan. Beberapa kelebihannya yaitu bunga tinggi, jangka waktu beragam, dan tidak ada biaya administrasi. Proses pengajuan Tabungan Cita2Ku bisa dilakukan secara online di www.danamon.co.id


 


EmoticonEmoticon