Friday, November 19, 2021

Cara Penuhi Kebutuhan untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Tumbuh kembang anak adalah fase yang penting untuk Moms perhatikan. Secara ilmiah, definisi mengenai pertumbuhan dan perkembangan memiliki makna yang berbeda.

Pertumbuhan dapat diartikan sebagai perubahan yang ada kaitannya dengan karakteristik fisik misalnya berat badan dan tinggi badan. Sedangkan perkembangan adalah perkembangan kualitatif yang berkaitan dengan kematangan pertumbuhan. Perkembangan bahasa anak usia dini merupakan salah satu contoh dari perkembangan kualitatif.

Pertumbuhan dan perkembangan pada anak selalu terjadi secara beriringan. Perkembangan ini akan meningkat pesat saat usia anak 0 sampai 5 tahun. Periode ini kerap disebut sebagai periode emas atau golden age.

Untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak, berikut ini ini beberapa asupan penunjang kebutuhan yang bisa Moms berikan.

1. Beri nutrisi yang cukup

Memenuhi memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak jadi faktor penting dalam menunjang tumbuh kembang mereka. Moms bisa berikan makanan atau minuman yang kaya akan nutrisi.

Seimbangkan antara makanan dan minuman dengan kandungan vitamin, protein dan karbohidrat, mineral dan lemak pada anak. Jangan berlebihan memberikan makanan dan minuman meskipun mengandung gizi yang tinggi.

Berikan kadar nutrisi yang sesuai dengan kadar kebutuhan harian. Memberikan nutrisi secara berlebihan justru membuat tubuh anak kurang sehat.

2. Jaga daya tahan tubuh anak

Anak anak cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh karena itu pemberian nutrisi yang cukup dan tepat akan membantu peningkatan imun tubuh.

Imun tubuh yang terjaga bisa membuat anak aktif beraktivitas. Tidak hanya itu, imun tubuh juga akan memaksimalkan fungsi organ pada anak.

Otak adalah salah satu organ pada tubuh anak yang penting. Otak akan membantu anak untuk menerima dan mencerna informasi. Selain itu, otak juga akan membantu memaksimalkan perkembangan bahasa anak usia dini.

Selain dari konsumsi makanan, pemberian susu pertumbuhan juga akan tingkatkan daya tahan tubuh anak. Dancow adalah nutrisi pelengkap yang bisa coba Moms berikan.

Moms bisa memberikan serangkaian susu pertumbuhan Dancow yang sesuai dengan kebutuhan anak. Susu ini bisa Moms berikan pada anak di atas usia 1 tahun.

Selain Membantu menunjang perkembangan bahasa anak usia dini, susu Dancow juga efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan minat eksplorasi anak pada lingkungan.





EmoticonEmoticon