Monday, June 21, 2021

Cara Membersihkan Cincin Pernikahan Sendiri

Tags

Sangat umum saat ini setiap pernikahan akan memiliki cincin pernikahan yang dikenakan oleh kedua mempelainya. Bukan hanya pada saat pernikahan saja, tetapi hingga hari-hari setelah acara berlalu. Setiap hari dan setiap saat.


Karena cincin pernikahan ini selalu digunakan, sudah pasti juga menyimpan banyak kotoran. Baik kotoran berasal dari luar, ataupun keringat sendiri. Membersihkan cincin ini harus dilakukan dengan berkala agar kilaunya tetap cemerlang dan memancarkan sinarnya.


Hal tersulit dari membersihkan perhiasan cincin adalah jika model cincin kawin terbaru tersebut memiliki detail yang rumit. Bisa jadi Anda akan membutuhkan tenaga ahli untuk membersihkannya agar setiap detailnya bisa kembali bersih.


Membersihkan Cincin Pernikahan Berdasarkan Jenis Logamnya


Membersihkan cincin dengan model cincin kawin terbaru, sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Selain untuk merawat kilaunya, juga agar pada saat melakukan pembersihan tidak membutuhkan waktu lama.


Jika Anda berniat untuk membersihkan cincin pernikahan Anda sendiri, sebenarnya caranya cukup mudah dan sederhana. Umumnya, hanya membutuhkan air hangat yang diletakan pada mangkuk atau baskom, sabun cair, sikat gigi dan lap. Akan lebih baik jika menggunakan lap microfiber.


Adapun cara membersihkan cincin perkawinan berdasarkan jenis logamnya adalah sebagai berikut:

Emas


Umumnya orang menggunakan logam emas untuk bahan cincin pernikahan mereka. Cara membersihkan cincin kawin dengan bahan ini juga sederhana. Bahan-bahan yang digunakan bisa Anda temukan di rumah.


Adapun barang yang perlu Anda persiapkan adalah sabun cair, air hangat dan sikat gigi. Gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus agar tidak menggores dengan fatal keadaan cincin.


Untuk membersihkannya, Anda tinggal menyikat cincin yang dimiliki hingga ke celah-celahnya. Setelah dirasa bersih, bilas dengan air hangat dan letakan di atas kain. Biarkan cincin mengering dengan sendirinya.


Emas putih


Emas putih sebenarnya setara dengan emas kuningan. Hanya saja, di dalam emas putih terdapat lapisan rhodium yang membuat emas ini tampak putih layaknya perak.


Untuk membersihkannya, Anda cukup melarutkan sabun cair dengan air hangat yang diletakan ke dalam baskom. Cincin dengan model cincin kawin terbaru Anda direndamkan hingga 15 sampai 30 menit. 


Bisa juga Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk membersihkan lebih detail dari noda-noda yang menempel. Setelah itu, bilas cincin hingga bersih.


Bisa juga lakukan pembersihan berulang-ulang agar bersihnya sempurna. 


Kemudian, Anda tinggal mengeringkannya dengan lap dengan sangat hati-hati.

 

Akan tetapi, jika Anda mulai cincin Anda sudah mulai kekuningan, ada baiknya segera membawanya ke toko perhiasan. Karena cincin Anda membutuhkan lapisan rhodium lagi.


Palladium


Palladium merupakan logam yang berada satu tingkat dari perak dan setara dengan emas. Namun, harganya lebih terjangkau dan memiliki ketahanan yang sangat kuat. Warnanya putih alami, sehingga Anda tak perlu takut putihnya memudarnya layaknya emas putih.


Untuk membersihkan cincin dengan logam jenis ini, Anda tinggal merendamnya saja di air hangat. Jika membutuhkan perhatian ekstra karena banyaknya noda, tinggal menambahkan sabun cair pada rendaman. Setelahnya, keringkan cincin seperti biasa.


Perak


Perak begitu digemari karena harganya benar-benar terjangkau, tetapi kilau yang tak kalah bersinarnya.


Untuk membersihkan cincin dengan jenis logam ini, Anda membutuhkan cuka apel dan soda kue.


Tuang 150 ml cuka apel ke dalam mangkuk dan campurkan 2 sendok makan soda kue. Larutkan kedua bahan hingga tercampur rata. Masukan model cincin kawin terbaru Anda yang berjenis logam dan diamkan 2 - 3 jam. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lap.


Demikian cara membersihkan cincin pernikahan berdasarkan jenis logamnya. Sebaiknya, jika tidak memiliki lap microfiber, gunakan lap biasa. Jangan sekali-kali menggantinya dengan tisu, karena mudah menempel dan membuat cincin akan kotor kembali. Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon