Thursday, February 25, 2021

Cara Menyembuhkan Alergi Berdasarkan Penyebabnya


Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap benda tertentu yang tidak menimbulkan reaksi pada tubuh orang lain. Reaksi yang terjadi beraneka macam mulai dari gatal, bersin-bersin, muncul ruam, dan sebagainya. Anak-anak biasanya sering mengalami reaksi alergi karena sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi berlebihan. Anda sebagai orang tua pasti tidak ingin si Kecil mengalaminya bukan? Temukan cara menyembuhkan alergi yang tepat sehingga si Kecil lebih nyaman dan sehat.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan alergi, namun banyak yang percaya bahwa faktor genetik sangat berpengaruh. Jika orang tua memiliki alergi maka risiko anak mengalaminya juga lebih tinggi. Selain genetik, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan alergi seperti makanan dan lingkungan. Ketahui penyebabnya terlebih dahulu, kemudian lakukan cara berikut ini untuk menyembuhkan alergi pada anak:

Alergi Debu

Alergi debu menjadi salah satu jenis alergi yang paling umum terjadi pada anak-anak. Apalagi debu mudah sekali dijumpai di berbagai tempat. Misalnya pada perlengkapan atau mainan anak yang biasanya banyak debunya. Cara mengatasinya yaitu membersihkan rumah secara rutin agar terbebas dari debu. Semua ruangan harus Anda bersihkan mulai dari ruangan bermain, tempat tidur anak. Jangan lupa juga untuk membersihkan mainan milik mereka. Jika perlu, pakaikan masker pada si Kecil ketika mereka akan pergi ke luar rumah. Sedangkan untuk meredakan gejala, Anda bisa memberikan obat alergi.

Alergi Hewan Peliharaan

Anak kecil biasanya sangat menyukai hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Selain itu, memelihara hewan juga memberikan dampak baik bagi kepribadian si Kecil. Namun Anda harus berhati-hati karena hewan peliharaan juga menjadi salah satu pemicu alergi pada anak. Ciri-ciri alergi hewan peliharaan yaitu sesak napas dan gatal-gatal setiap berdekatan dengan hewan. Cara menyembuhkan alergi hewan peliharaan yaitu menjauhkan anak dari hewan peliharaan atau membiarkan hewan berada di dalam kadang saja. Apabila si Kecil mengalami masalah pada pernafasan, Anda bisa memberikan botol berisi air panas pada anak kemudian menyuruh mereka untuk menghirupnya. 

Alergi Dingin

Alergi dingin bisa terjadi jika si Kecil berada pada tempat dengan suhu udara yang dingin. Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat alergi ini yaitu bengkak, kulit memerah, dan rasa gatal berlebihan. Anda bisa mengatasi alergi tersebut dengan memberikan minuman hangat. Jangan lupa juga untuk memakaikan baju tebal ketika si Kecil berada di tempat yang dingin.

Alergi Zat Kimia

Zat kimia memang terkadang cukup berbahaya bagi anak-anak. Beberapa anak akan mengalami alergi apabila bersentuhan dengan zat kimia yang terkandung pada produk pewangi baju atau deterjen. Tidak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun juga bisa mengalami alergi zat kimia. Gejala alergi zat kimia biasanya adalah gatal dan ruam yang muncul di seluruh tubuh. Untuk menghindari alergi, sebaiknya gunakan deterjen yang aman atau tidak menyebabkan alergi. Sedangkan untuk meredakan gejala yaitu menggunakan krim atau losion antihistamin.

Alergi Makanan

Makanan merupakan penyebab alergi yang juga umum terjadi pada anak-anak. Beberapa makanan yang sering menyebabkan alergi yaitu susu, kacang, telur, kerang, dan ikan. Anak yang mengonsumsi makanan pemicu alergi akan mengalami gejala seperti gatal-gatal di sekitar mulut, muntah, hingga sakit perut. Biasanya alergi pada makanan akan mereda setelah anak dewasa. Namun untuk mengatasi masalah pencernaan yang terjadi, cobalah untuk membuat mereka beristirahat dan singkirkan aroma tajam seperti parfum.

Itulah cara menyembuhkan alergi pada anak yang bisa Anda lakukan. Apabila gejala alergi dirasa sudah parah dan tidak bisa sembuh dengan cara di atas, sebaiknya segera bawa si Kecil ke dokter. Dokter akan memberikan arahan dan penanganan yang tepat agar gejala alergi mulai reda dan hilang. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda menyembuhkan alergi pada si Kecil.



EmoticonEmoticon