Thursday, September 17, 2020

5 Tips Meningkatkan Kreatifitas Anak Paud

Tags

kreatifitas anak paud

Berbeda dengan orang dewasa, mengasah bakat dan kreativitas anak harus dengan bimbingan orangtuanya. Di lain sisi, mengasah dan meningkatkan kreativitas mereka tidak sesulit yang dibayangkan. Setidaknya ada 5 tips bagaimana cara agar kreatifitas anak paud terasah. Berikut tipsnya.

1. Tingkatkan Kemampuan Motorik dan Sensorik si Kecil

Ajaklah si kecil bermain ke tempat terbuka. Beri mereka kesempatan untuk bebas berlari namun tetap dalam pengawasan. Biarkan mereka memetik daun, meniti jalan setapak, dan aktivitas lainnya. Hal ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik si kecil agar lebih terasah.

kreatifitas anak paud

2. Memaksimalkan Perkembangan Otak si Kecil

Ada banyak cara untuk memaksimalkan perkembangan otak anak. Misalnya seperti mengajak mereka bermain di tempat terbuka, dan memberi asupan nutrisi yang cukup. Saat si kecil menggerakkan anggota badannya, akan terjadi komunikasi antara otak kiri dan juga otak kanannya.

3. Hindari Mengucapkan Kata “Salah”

Terkadang, imajinasi setiap anak itu berbeda-beda. Contohnya saat mereka menggambar. Beberapa anak mungkin akan menggambar mobil secara salah. Misalnya menggambar bagian roda yang bentuknya segitiga. Ketika terjadi kesalahan tersebut, hindarilah mengucapkan kata “salah” kepada mereka.

Ucapkanlah hal yang baik. Misalnya, “menarik sekali gambarnya. Kira-kira, apakah mobil ini bisa berjalan dengan roda seperti itu?” Kemudian, silahkan Anda beri contoh menggambar roda yang benar.

4. Mengenali Bakat Anak

Tugas bunda adalah mencari dan mengenali apa minat dan bakat si kecil. Perhatikanlah pada aktivitasnya sehari-hari. Apakah dia suka menggambar, berolahraga, atau lainnya? Setelah terlihat bakat dan minatnya, dukunglah si kecil untuk melakukan hal tersebut. Lalu, asah bakat mereka dengan menyediakan peralatan sesuai minatnya.

5. Jangan Memaksa Mereka

Jika si kecil tidak menunjukkan bakat maupun kreativitasnya, jangan coba memaksa dia. Semua memerlukan proses. Begitu juga dengan minat dan bakat anak. Yang perlu bunda lakukan hanya memancing kreativitasnya tersebut keluar. Misalnya seperti mengajaknya bermain. Dengan begitu, kreativitas mereka pun akan terangsang.

Itulah 5 tips mengasah kreatifitas anak paud yang wajib dikenali oleh setiap anak Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa memberi mereka segelas susu Dancow per hari. Tujuannya yaitu untuk membantu perkembangan otak mereka.


EmoticonEmoticon