Tuesday, August 11, 2020

Program Ekstensi D3 Ke S1 Di Bidang Teknologi Informasi

Tags

Program Ekstensi D3 Ke S1


Anda bisa mengikuti program ekstensi D3 ke S1 untuk pengembangan karir, skill, dan persiapan masa depan. Bagi yang berkarir di bidang IT dan komputer, sekolah tinggi yang tepat adalah IDS digital College.


Mahasiswa akan mendapatkan materi dan pelatihan sesuai dengan kondisi saat ini. Hal tersebut berguna agar kemampuan mereka selalu terbaru. Program ini bukan hanya untuk mereka yang berkarir di perusahaan khusus teknologi. Sebaliknya, siapapun yang sedang bekerja atau ingin melanjutkan karir di bidang ini wajib memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai. Anda mungkin bagian dari tim atau divisi IT di kantor. 



Melanjutkan Pendidikan D3 Ke S1


Teknologi semakin maju dan banyak perusahaan membutuhkan pekerja yang ahli di bidang ini. Saat ini, jurusan yang terkait dengan teknologi informasi dan komputer menjadi primadona. Jenjang yang ada juga beragam dan minimal D3. Ketika sudah bekerja, mereka yang masih memiliki ijazah D3 dapat melanjutkan ke jenjang S1. Program ini biasa disebut dengan ekstensi. Mahasiswa tidak perlu mengulang dari awal tetapi melanjutkan pembelajaran agar setara dengan program sarjana.


Ada beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya melanjutkan pendidikan. Program D3 memiliki fokus kepada praktik. Jenjang ini mirip dengan SMK, akan tetapi levelnya sudah perguruan tinggi. Mayoritas pembelajaran adalah praktik sehingga lulusan mampu mengaplikasikan secara langsung.


Pendidikan S1 sedikit berbeda meskipun porsi praktik juga tersedia. Mahasiswa akan belajar metode penyelesaian masalah dan analisis. Dunia teknologi dan komputer berkaitan dengan logika. Inilah yang menjadi konten utama di pendidikan lanjutan. Anda akan mendapatkan kualifikasi lebih tinggi karena telah menguasai skill yang memang sudah menjadi kemampuan dasar jenjang sarjana.


Pilihan Program Di IDS Digital College


Program ekstensi D3 ke S1 terdiri dari tiga pilihan yaitu software engineering, cyber security, dan mobile apps & games development. Program software engineering fokus untuk pengembangan software termasuk aspek komputer lain. Anda belajar lebih lanjut mengenai bidang ini dan melakukan praktik langsung di lab dengan fasilitas lengkap.


Program baru yang sedang tren adalah cyber security. Jika melihat di sekeliling Anda, hampir semua hal berkaitan dengan komputer dan internet. Program ini dirancang khusus untuk mereka yang ingin mengambil spesifikasi sebagai analisis atau tim yang menangani sistem keamanan digital. Materi berkaitan dengan jaringan dan kondisi keamanan terkini di bidang digital.


Program, terakhir adalah mobile apps & games development. Dari namanya, Anda sudah bisa menerka apa saja materi dan konten ketika berkuliah di bidang ini. Saat ini, mayoritas pengguna digital dan internet menggunakan smartphone. Oleh karena itu, kebutuhan aplikasi sangat tinggi. Akan tetapi, pembuatan aplikasi harus lebih fungsional dan praktis. Selain aplikasi, game juga mengalami perkembangan pesat. Aplikasi berbentuk game semakin banyak bermunculan dan canggih. Oleh karena, permintaan tenaga kerja di bidang ini sangat tinggi. Tugas IDS digital College adalah memastikan kualitas tenaga kerja tersebut mumpuni dan teruji.


Program ekstensi untuk D3


Program ekstensi D3 memiliki tujuan lain yaitu pengembangan karir. Di beberapa perusahaan, karyawan dengan lulusan S1 memiliki peluang besar untuk naik jabatan. Akan tetapi, mereka juga harus memiliki skill yang setara dengan level pendidikan tersebut. Ketika Anda melanjutkan program ekstensi D3 ke S1, karir akan meningkat dan lebih baik sejalan dengan skill dan pengalaman.


Semoga sedikit informasi di atas membantu Anda dalam mengambil keputusan.


EmoticonEmoticon