Tuesday, August 11, 2020

Pentingnya Stimulasi Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil yang Optimal


Orang tua mana yang tidak merasa khawatir jika anaknya tidak tumbuh sebagaimana mestinya.  Itulah sebabnya sangat penting mengetahui perkembangan si kecil setiap saat walau diakui tidak semua anak memiliki tumbuh kembang yang sama. Bisa saja si A bisa berjalan di usia 10 bulan namun ada juga yang bisa berjalan di usia 15 bulan. Yang pasti, tetap mengacu pada batas perkembangan si anak agar bisa diketahui apakah tumbuh kembangnya normal atau tidak. Seperti misalnya anak terlambat bicara yang bisa ditangani dengan cepat jika bunda mengetahui kapan sebenarnya si kecil berbicara.


Perkembangan anak untuk bisa berbicara disesuaikan dengan usia tumbuh kembanganya. Mulai dari usia 6 bulan si kecil akan mulai berbicara dengan orang sekitar khususnya sang ibu. Artinya, mulailah ajak si kecil untuk berinteraksi dengan mengajak berbicara baik dengan menggunakan gerak atau bernyanyi. Karena pada umumnya, anak terlambat bicara sangat jarang diajak komunikasi atau malah disuruh diam saat ia mulai bergumam.



Sekarang ini cukup banyak mitos yang beredar khususnya di kalangan ibu muda bahwa anak bisa beradaptasi sendiri. Artinya, tanpa diajari sekalipun si kecil pasti berbicara meski terbata bata atau sekedar satu atau dua patah kata. Tentu saja, mitos ini tidak benar karena merangsang atau menstimulasi anak adalah salah satu bentuk mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Selain itu, dengan cara ini pastinya bunda akan mengetahui apakah keterlambatan bicara masih tergolong biasa saja atau sudah dalam tahapan serius.


Jika tergolong serius maka langkah awal bunda bisa mengajak si kecil untuk belajar bersama sambil bermain. Ajarlah berbicara tentang segala sesuatu dan kenalkan ia tentang benda atau huruf sambil diucapkan. Jangan memaksakan kehendak atau memarahinya jika si kecil sulit mengucapkannya namun sebaliknya tuntunlah dengan lembut dan penuh kasih.


Bunda bisa mengunjungi dokter spesialis guna mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak salah dalam melakukan terapi. Satu lagi, teruslah dukung si kecil agar mampu mengejar ketinggalannya.


Mengetahui perkembangan anak sangatlah penting dilakukan agar mereka tumbuh dan berkembang secara optimal. Termasuk, para orang tua bisa mengetahui apakah si kecil termasuk anak terlambat bicara atau tidak. 



EmoticonEmoticon