Tuesday, January 14, 2020

Manfaat Ajaib Kurma Bagi Ibu Menyusui

kurma bagi ibu menyusui
kurma bagi ibu menyusui

Kurma merupakan makanan yang biasanya sering hadir ketika masa Ramadhan tiba. Kurma Kurma memiliki nutrisi dan gizinya yang super sehingga akan memberikan tenaga setelah seharian berpuasa. Ibu menyusui juga membutuhkan nutrisi dan gizi yang lebih untuk menghasilkan ASI berkualitas. kurma bagi ibu menyusui memberikan manfaat yang ajaib.

Saat ini kurma tidak hanya tersedia dalam bentuk segar maupun manisan seperti yang selama ini ditemui. Untuk memudahkan dalam konsumsi dibuatlah sari kurma yang lebih praktis dan mengandung gizi lebih banyak karena memang yang diambil adalah sari patinya. Konsumsi satu sendok sari kurma saja sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi selama sehari.


Ibu yang sedang menyusui harus mendapatkan nutrisi lebih. Apalagi perkembangan bayi sedang dalam masa ASI eksklusif yang sepenuhnya tergantung pada nutrisi yang diperolehnya dari ASI saja. Oleh karena itu selain pola makan bergizi yang sehat juga dibutuhkan tambahan nutrisi. Salah satunya adalah dari kurma. Berikut manfaat ajaib dari kurma bagi ibu menyusui.

Produksi ASI meningkat.
ASI yang melimpah dibutuhkan oleh bayi di masa pertumbuhannya. Agar ASI melimpah dapat konsumsi kurma secara rutin. Triptofan yang terkandung di dalam kurma dapat memicu hormon prolaktin dan serotonin. Kedua hormon tersebut berkaitan pada produksi ASI.

Menambah energi ibu menyusui.
Kurma mengandung sari gula alami yaitu glukosa, fruktosa dan sukrosa yang bermanfaat untuk memberikan energi lebih. Ibu menyusui membutuhkan energi yang lebih untuk merawat bayinya pasca melahirkan. Kurma bagi ibu menyusui menambah energi untuk merawat bayinya.

Mencegah anemia.
Kurma mengandung vitamin B yang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Ibu yang melahirkan dan menyusui membutuhkan asupan makanan yang dapat memicu produksi hemoglobin. Rasa lelah menyusui ditambah harus begadang dapat memicu anemia sehingga jika rutin konsumsi kurma dapat mencegah kondisi tersebut.

Membantu pengecilan rahim.
Setelah ibu melahirkan pasti akan berusaha untuk mengembalikan ukuran perut seperti semula. Jika ibu rutin konsumsi kurma maka dapat membantu untuk mengecilkan ukuran rahim secara alami. Potuchsin yang terkandung di dalam buah kurma bermanfaat untuk mengecilkan rahim melalui pengecilan pembuluh darah uterus. Sehingga kurma juga dapat berguna untuk mencegah pendarahan pasca melahirkan.

Untuk kesehatan pencernaan.
Sebagian ibu pasca melahirkan mengalami sembelit dan kondisi ini sangat mengganggu. Kurma mengandung serat dalam kadar yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Untuk kesehatan tulang dan sendi.
Ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang dapat menunjang kesehatan tulang dan sendinya. Setelah melahirkan tulang dan sendi terasa remuk. Mengkonsumsi kurma secara rutin dapat membantu memberikan nutrisi pada tulang dan sendi.

Kurma memberikan manfaat yang bagus untuk ibu menyusui. Kurma bagi ibu menyusui dapat dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan ibu dan bayinya.


EmoticonEmoticon