Thursday, May 23, 2019

Macam-Macam Koleksi Perhiasan Nusantara

Tags

perhiasan nusantara
Indonesia memiliki ragam budaya. Termasuk perhiasannya. Ingin orang Indonesia bangga identitas nya, The Palace Jeweler bekerja sama dengan perancang kenamaan Samuel Wattimena meluncurkan koleksi perhiasan nusantara. Koleksi ini terinspirasi dari perhiasan tradisional Indonesia. 

Koleksi Perhiasan Nusantara terbagi dalam Seri Nusa, Seri Anta, dan Seri Tara yang terinspirasi keindahan berbagai perhiasan tradisional Indonesia yang tersebar di wilayah Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur. Seri Nusa berarti rangkaian kepulauan. Seri Anta berarti angan-angan seseorang dan Seri Tara yang berarti perempuan dengan kebebasan jiwa dan menyatakan keberhasilan juga prestasi hidup yang selati.

Melalui koleksi ini, masyarakat diajak untuk menyaksikan keindahan dan kisah dari kekayaan perhiasan nusantara dengan nafas modern. Kekayaan budaya Indonesia selalu menjadi latar belakang saya dalam berkarya. Oleh karena itu, saya mendukung The Palace Jeweler yang menginisiasi penggunaan perhiasan Indonesia dan diwujudkan dalam bentuk Koleksi Perhiasan Nusantara. 
perhiasan nusantara
Dalam mendesain koleksi perhiasan nusantara ‘Seri Nusa’, ia mendapat inspirasi dari pending. Yaitu bentuk perhiasan yang mewakili Indonesia Bagian Barat. Untuk ‘Seri Anta’, dia terinspirasi dari Mamuli dan Marangga yang mewakili bentuk perhiasan Indonesia Bagian Tengah. Terakhir, Seri Tara mewakili bentuk perhiasan Indonesia bagian Timur yang terinspirasi dari Mas Bulan Base, Belak, dan Pepek Soriti.

Selain itu, agar perhiasan dapat diterima oleh kaum muda sebagai target pasar kami. Mereka kalau melihat komposisi etnik rasanya terlalu berat. Oleh karena itu kami menghadirkan tetap dengan nilai yang sama hanya saja pendekatannya yang berbeda. Proses mendesain perhiasan ini tidaklah mudah. 

Prosesnya sangat jauh berbeda dengan proses desain perhiasan untuk show busana nya. Karena hanya diperuntukkan saat kebutuhan panggung. Tak seperti desain perhiasan yang akan dipakai oleh khalayak umum. Desain perhiasan untuk kebutuhan panggung tak perlu berorientasi publik yang luas atau berpikir soal penerimaan desain di pasaran. 

Selain itu, dibandingkan dengan busana, perhiasan hanya berukuran kecil. Perhiasan tak boleh dominasi busana yang dipakai. Hal ini membuat desain perhiasan harus eye catching. Melalui koleksi ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk menggali kekayaan perhiasan yang dimiliki Indonesia dan mulai mengenakan perhiasan nusantara sebagai bentuk identitas bangsa.


EmoticonEmoticon