Monday, December 17, 2018

Berita Politik Terbaru Jokowi Terima Gelar Kehormatan

Tags

Setelah molor seminggu dari jadwal yang semula ditetapkan, akhirnya hari ini, 15 Desember 2018 mantan walikota Solo dan calon presiden nomor urut 1 tersebut akan menerima gelar kehormatan Datuk Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau sekaligus kunjungan kerja dan bertemu dengan para pendukungnya. Termasuk kunjungan ke Pondok Pesantren Al Kautsar. Demikian berita politik terbaru dari matamatapolitik.com.

Jokowi tiba di Lanud Roesman Soerjadin tadi malam pukul 21.30 WIB bersama Ibu Negara Iriana, Staf Kepresidenan, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Agenda siang ini dimulai dengan penabalan gelar kehormatan Melayu. Acara dilakukan di Balai Adat Melayu Riau, Jl. Diponegoro pukul 08.30 WIB yang dihadiri para tokoh penting Riau dan para Datuk dan Datin.

Dengan memakai baju teluk belanga berwarna hitam, Jokowi menerima rangkaian acara penabalan gelar. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran dan pantun, lalu memasangkan 'tanjak' (topi khas Melayu) di kepala Jokowi. Setelah itu pemasangan selempang dan keris ke pinggang Presiden Indonesia ketujuh itu. Prosesi diakhiri dengan upacara tepung tawar berupa memercikkan air, beras kuning dan bebungaan ke hadapan Jokowi dan istri. Hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh penting di Riau, seperti Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAM Riau Datuk Seri Al Azhar, Ketua Umum Dewan Pengurus Harian LAM Riau Datk Seri Syahril Abubakar, Gubernur Riau Wan Thamrin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Kepresidenan, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan dan tokoh politik sekaligus pengacara Yusril Ihza Mahendra. Maka resmi sudah Jokowi menyandang gelar 'Datuk Seri Setia Amanah Negara' dan Ibu Iriana mendapat gelar Datin.

Setelah prosesi penabalan gelar kehormatan siang ini, Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri acara penyerahan 10 ribu sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria kepada masyarakat di lapangan rumah dinas Gubernur Riau. Dilanjutkan dengan rapat kerja dengan Tim sukses Jokowi-Ma'ruf dan kunjungan ke pondok pesantren serta ke beberapa tempat lainnya.

Gubernur Riau Wan Thamrin mengatakan tidak ada persiapan khusus terkait kunjungan Joko Widodo ke Pekanbaru, namun suasana kota jelas terasa lebih meriah dengan ribuan umbul-umbul, bendera partai, dan baliho-baliho besar di hampir seluruh penjuru kota. Namun tidak ada kemacetan dan penutupan jalan yang berarti di ruas jalan arteri kota.


EmoticonEmoticon