Wednesday, December 13, 2017

Kenali Beragam Jenis Pisang Dan Cara Pengolahannya

Tags

resep bolu pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak dan mudah kita temukan di sekeliling kita. Terdapat beragam jenis pisang yang biasa dijual di pasaran, dan menariknya dari semua jenis pisang yang ada. Nampaknya tidak semua jenis pisang tersebut bisa diolah atau dijadikan sebagai bahan dasar dalam resep bolu pisang. Karena terdapat pisang yang hanya bisa dinikmati dengan cara digoreng atau langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Nah, untuk itu, bagi anda yang ingin mencoba membuat kudapan bolu pisang atau jenis kudapan lain dari pisang. Alangkah baiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis pisang beserta cara pengolahannya. Apa saja? Diantaranya yakni sebagai berikut:
  1. Pisang kepok
    Jenis pisang yang banyak dijual, memiliki bentuk yang khas nampak seperti agak gepeng. Tak heran apabila banyak pula yang menyebutnya dengan sebutan pisang gepeng. Pisang gepok memiliki tekstur yang licin dan mengandung cukup banak air, kemudian sebagian besar jenis pisang yang satu ini memiliki biji di bagian dalam buah pisangnya. Biji berwarna hitam dan berbentuk bulat, dengan tektur cukup bergerigi. Pisang kepok bisa diolah dengan cara digoreng, direbus atau dibuat menjadi bahan dasar dalam membuat bolu pisang, atau olahan dari pisang lainnya. Rasanya cukup manis ketika sudah matang, dengan sedikit rasa asam.
  2. Pisang raja
    Merupakan pisang yang paling lezat yang menduduki pringkat pertama, berdasarkan masyarakat pecinta pisang. Untuk membedakan pisang raja yang telah benar-benar matang, cukup mudah. Yakni dengan menemukan bintik-bintik hitam pada setiap kulitnya. Semakin bayak bintik hitam tersebut, maka semakin matang dan manis rasanya. Pisang raja nikmat disantap langsung, atau diolah terlebih dahulu misalnya dibuat menjadi es pisang ijo.
  3. Pisang ambon
    Pisang yang satu ini umumnya memiliki bentuk yang cukup besar, dan berwarna kuning ketika telah matang. Tekturs buahnya cukup keras, namun memiliki aroma yang wangi dank has. Sehingga tak heran apabila pisang ambon banyak dipilih sebagai bahan dasar dalam resep bolu pisang. Selain dibuat menjadi bolu pisang, ternyata pisang ambon bisa langsung dinikmati.




EmoticonEmoticon