Sunday, August 20, 2017

Edukasi Gizi Berhasil Dilakukan Oleh Universitas Terbaik Di Indonesia

Edukasi Gizi Berhasil Dilakukan Oleh Universitas Terbaik Di Indonesia
Hal kebanggaan kembali menghampiri universitas Indonesia. Universitas terbaik di indonesia ini memang memiliki segudang kebanggaan sejak awal berdirinya. Sebuah prestasi yang patut untuk diacungi jempol ini berhasil dilakukan oleh seorang doktor UI yang membahas tentang edukasi gizi.

Sebuah penelitian yang berjudul “Studi Intervensi Media Edukasi Gizi Terhadap Perubahan Kecenderungan Penyimpangan Perilaku Makan (Eating Disorders) Pasa Siswi SMA di Jakarta Tahun 2016”, berhasil dilakukan oleh Frima Elda. Doktor UI ini mempromosikan penelitiannya pada sebuah sidang tentang Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Sidang promosi doktor ini dilakukan pada 5 Juli 2017 universitas Indonesia.

Penelitian ini dilakukan atas dasar munculnya fenomena gizi yang bermasalah. Hal seperti ini biasanya banyak menyerang siswi SMA yang banyak memiliki perubahan perilaku makan. Siswi SMA memang rentan mengalami masalah gizi. Biasanya mereka mempunyai ketidakpuasan terhadap berat badan bentuk tubuh yang tidak ideal.

Dengan ketidakpuasaan terhadap berat badan yang dimiliki, akan memicu para murid SMA untuk melakukan diet yang berlebihan. Jika dilakukan terus menerus, hal ini bisa menyebabkan penyimpangan perilaku makan (PPM). Misalnya seperti binge eating desorders, bulimia nervosa dan anoreksia nervosa.

Menjadi universitas terbaik di Indonesia, menjadikan doktor UI ini mau memikirkan nasib para remaja bangsa. Dengan penelitian yang ia lakukan, doktor Frima Elda berharap dapat melakukan edukasi dengan bantuan media. Ia juga mengharapkan agar para remaja dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan. Kegiatan ini memang bertujuan utuk membentuk sikap positif terhadap pola makan bergizi di kalangan remaja putri.

Setalah dilakukan penelitian, kelompok yang mendapatkan media poster, leaflet dan booklet mengalami perubahan pada PPM. Perubahan besar diperoleh dari para remaja yang mendapatkan leaflet dan booklet. Hal ini dikarenakan kedua media ini dianggap memberikan informasi yang lengkap dan spesifik.

Setelah ini, diharapkan masih ada universitas terbaik di Indonesia lainnya yang dapat melakukan hal yang sama. Agar dapat tercipta remaja putri Indonesia yang sehat.


EmoticonEmoticon