Monday, July 17, 2017

Tumbuh Kembang Anak Yang Harus Bunda Ketahui

tumbuh kembang anak

Ibu adalah sosok wanita yang paling dekat dengan anak. Sebagai seorang Ibu, kita harus tahu bagaimana tingkat tumbuh kembang anak kita sendiri. Namun perlu Bunda ketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan itu berbeda. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran, volume dan massa yang bersifat irreversible. 

Sedangkan perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, maksudnya perkembangan tidak bisa diukur dengan angka namun bisa diamati dengan mata telanjang. Jadi pertumbuhan anak itu lebih bersifat pada bentuk dan ukuran fisik, sedangkan perkembangan anak lebih pada aspek kemampuan. Untuk lebih jelasnya, Bunda bisa membaca penjelasan berikut.

  • Petumbuhan anak

Pertumbuhan seorang anak sejatinya dapat kita ukur, seperti berat badan dan tinggi badan anak. Sebagai informasi bagi Bunda, untuk berat badan normal anak kita bisa mengukurnya menggunakan rumus dari Richard E. Behrman, yaitu: berat badan normal saat lahir adalah sekitar 3,25 Kg, berat badan 3-12 bulan = umur (bulan) + 9 :2, dan berat badan anak 1-6 tahun = umur (tahun) x 2 + 8.

  • Perkembangan anak

Tumbuh kembang anak Bunda sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek perkembangan pada anak Bunda. Perkembangan anak meliputi berbagai aspek, yaitu perkembangan motorik, kongnitif, bahasa, dan Psikososial. Perkembangan motorik berkaitan dengan penggunaan otot-otot anak dalam melakukan sesuatu. Bunda bisa melihat kemampuan motorik Si Kecil dari aktivitasnya, seperti berguling, tengkurap, melompat, dan lain-lain. Perkembangan kongnitif berkaitan dengan pengetahuan, Bunda harus tahu nih bahwa perkembangan kongnitif mulai terjadi sejak Si Kecil dilahirkan. Perkembangan bahasa berkaitan dengan kemampuan Si kecil berkomunikasi, sedangkan perkembangan psikososial berkaitan dengan kemampuan Si Kecil menggunakan perasaannya terhadap lingkungan.

Nah, itulah informasi anak yang Bunda harus ketahui. Agar tumbuh kembang anak lebih optimal, Bunda bisa memberinya asupan gizi yang baik seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan serta minuman bergizi lainnya. Bunda juga bisa memberinya susu Dancow yang memiliki kandungan nutrisi serta gizi tinggi. Lihat di www.dancow.co.id.


EmoticonEmoticon