Monday, April 10, 2017

Makanan Untuk Ibu Hamil Yang Baik bagi ibu dan Janin

Makanan untuk ibu hamil

Makanan untuk ibu hamil memang harus di perhatikan. Ini sangat penting di perhatikan karena menyangkut kesehatan ibu dan janin yang di kandungnya, kualitas makanan yang dimakan oleh ibu akan berpengaruh pada bayi dan juga ibu. Maka dari itu untuk ibu sebaiknya dalam memilih makan-makanan saat hamil harus benar-benar selektif.
Ada beberapa makanan untuk ibu hamil yang bisa ibu konsumsi sehingga
  • Sayur dan buah
Untuk sayur dan buah merupakan komponen yang utama untuk pola makan yang sehat terlebih untuk ibu yang hamil, disarankan untuk Anda mengonsumsi setidaknya untuk lima porsi sayur-sayuran serta buah-buahan yang berbeda di setiap hari untuk  memperoleh aneka vitamin, mineral dan serat.
  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga sangat berperan untuk mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga untuk mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir). Selain itu, untuk kelompok makanan ini yang kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.
  • Susu dan produk turunannya
Susu dan juga produk olahan susu, seperti yogurt, yang kaya akan kalsium yang tentunya dapat membantu untuk pembentukan tulang pada bayi serta dapat menjaga kesehatan tulang ibu.
  • Daging tanpa lemak, ikan, dan telur
Kelompok untuk makanan ini yang kaya akan kandungan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan janin, terutama yaitu pada trimester yang kedua dan ketiga di dalam kandungan.
Telur ini juga sangat kaya akan kolin yang berguna untuk mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, kemudian juga berfungsi untuk membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sementara, untuk ikan salmon yang kaya akan omega 3 yang tentunya sangat baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus untuk perkembangan janin.
Walaupun demikian, untuk dapat menghindari paparan merkuri, untuk ibu hamil ini tidak disarankan mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon di dalam sepekan. Selain itu, daging tanpa adanya lemak ini merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Namun perlu untuk di hindari daging olahan seperti halnya dengan sosis yang mungkin memiliki kandungan bakteri atau parasit.

Itulah beberapa makanan untuk ibu hamil yang sangat bagus untuk perkembangan ibu dan janin.