Friday, March 24, 2017

Makanan Sehat dan Bergizi Selama Masa Kehamilan

Makanan Sehat dan Bergizi Selama Masa Kehamilan
Makanan sehat merupakan makanan penting bagi ibu hamil selama masa kandungan, dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil maka kesehatan ibu dan janin dalam kandungan akan lebih terjaga. Untuk hal tersebut maka sudah sewajarnya seorang ibu mengetahui akan apa saja daftar makanan sehat yang sesuai untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Secara umum dalam memilih makanan sehat untuk ibu hamil diharuskan lebih banyak mengkonsumsi jenis makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Walaupun mungkin ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang kurang disukai tetapi jika itu baik untuk ibu dan janin dalam kandungan sebaiknya berusaha untuk mengkonsumsinya demi kelahiran bayi yang sehat dan normal.

Tiap perkembangan usia janin dalam kandungan biasanya berbeda dalam pemenuhan makanannya, untuk itu berikut ini bisa dilihat apa saja daftar makanan yang sehat untuk ibu hamil selama masa kehamilan.

Untuk usia kehamilan 1 sampai 3 bulan. Untuk usia berbagai makanan yang pas untuk dikonsumsi seperti kacang-kacangan, minyak zaitun, sayuran hijau, telur, dan yang lainnya. Selain itu makanan seperti ikan segar atau salmon, kacang almond, dan buah-buahan juga menjadi makanan yang wajib dikonsumsi.

Untuk usia kehamilan 4 sampai 6 bulan. Usia kehamilan ini diperlukan berbagai jenis makanan sehat yang dikonsumsi secara seimbang. Perhatikan juga akan berbagai kandungannya seperti mengandung omega 3, vitamin A, C, D, B6, magnesium, dan yang lainnya. Jenis makanannya bisa dikonsumsi seperti telur bebek, sayuran buncis, dan daging tanpa lemak. Memenuhi berbagai makanan sehat tersebut bisa menjaga ibu dan janin dalam kandungan untuk tetap sehat.

Untuk usia kehamilan 7 sampai 9 bulan. Pada usia ini merupakan usia persiapan dari kehamilan menuju proses persalinan. Dari hal itu memperhatikan akan konsumsi makanan sehat penting dilakukan agar saat kelahitan nanti bayi bisa lahir dengan normal dan sehat tanpa cacat. Untuk jenis makanan yang penting dikonsumsi seperti mengkonsumsi buah pepaya, yogurt, minum susu, dan konsumsi juga makanan dengan kandungan vitamin K. Konsumsi makanan tersebut bisa membuat ibu lebih siap secara fisik untuk proses persalinan nanti.


EmoticonEmoticon