Saturday, November 19, 2016

Proses Tumbuh Kembang Anak Sesuai Usianya


Anak yang sehat akan tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan usianya, biasanya di masa-masa tumbuh kembang anak akan selalu diperhatikan oleh para orang tua dan tidak akan melewati setiap tahap pertumbuhan dan perkembangannya, di usia-usia tertentu anak akan mengalami perubahan secara berkala, mulai dari berat badan, pertumbuhan gigi, perkembangan motorik, emosional dan sosialisasi. Di usia 0-5 tahun atau biasa disebut dengan anak balita biasanya membutuhkan perhatian khusus dan asupan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya, agar si kecil tumbuh dengan baik sesuai usianya. Berikut ini proses pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan usia 0-5 tahun:

Usia 0-1 tahun adalah waktu yang sangat diperhatikan oleh orang tua, karena si kecil mulai menunjukan proses pertumbuhan dan perkembangannya sedikit demi sedikit mulai terlihat, seperti pertumbuhan gigi, rambut mulai lebat, pola makan, berat badan mulai terlihat berkembang. Di usia ini si kecil mulai merespons suara-suara disekitarnya dan akan menunjukan ekspresi tertentu, seperti ketakutan atau senyum-senyum.

Usia 2-3 tahun mulai tumbuh dan berkembangnya aspek motorik dan mulai mengenal tata bahasa dan nama-nama objek yang ada disekitarnya. Peran orang tua adalah memperkenalkan sejak dini nama-nama objek di sekitarnya dengan baik dan benar, mengenalkan tata bahasa yang baik, memberikan nama panggilan bagi anak, dan nama panggilan bagi kedua orang tuanya.

Di usia 4-5 tahun orang tua jangan heran jika pertumbuhan dan perkembangannya mulai menunjukan perubahan, sampai anak menjadi hiperaktif, hal ini sudah lazim di usia-usianya. Namun orang tua tetap harus memperhatikan dan membimbing anaknya agar tetap tumbuh dan berkembang dengan baik. Pola perilaku anak di usia ini akan menunjukan kematangan emosional bagi seusianya, proses sosialisasi dengan orang lain akan mulai terlihat, sehingga orang tua harus selalu memperhatikan dan mengawasinya.

Itulah beberapa proses tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan usianya yang disebut dengan tahap usia emas bagi si kecil, mulai dari pertumbuhan gigi, penambahan berat badan, mulai bisa bicara, aktif sampai hiperkatif. Itulah masa-masa yang akan dilalui pada usia balita. Maka dari itu, orang tua harus selalu memperhatikan nutrisi terbaik bagi anaknya agar tumbuh dan berkembang dengan sempurna.


EmoticonEmoticon