Monday, October 24, 2016

Mengatasi Anak Susah BAB Secara Alami


Buah hati sangat rentan terkena berbagai gangguan kesehatan, salah satu masalah yang dialami buah hati adalah anak susah BAB. Saat mengalami gangguan ini, buah hati akan sangat rewel karena sakit perut. Biasanya susah buang air besar yang dialami si kecil terjadi karena kurang minum, atau karena makanan yang diberikan bertekstur padat dan tidak sesuai dengan usianya. 

Saat hal ini terjadi, anda tidak perlu merasa panik dan mencoba mengatasinya dengan pengobatan secara alami. Untuk mengantisipasi hal ini, anda harus mengatur pola makan sehat dan memilih jenis makanan sehat sebagai asupan sehari-hari buah hati. Berikut ini kami hadirkan pembahasan mengenai cara mengatasi sulit buang air besar pada buah hati.

Berikan asupan makanan berserat
Berbagai makanan berserat sangat penting untuk melancarkan sistem pencernaan buah hati. Saat anak susah BAB, salah satu kemungkinannya adalah buah hati tidak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan segar dan sayuran dalam beberapa hari terakhir. Jika benar demikian, maka anda harus segera menyiapkan buah dan sayur untuk dikonsumsi buah hati. Hindari memberikan keju dan daging olahan saat anak mengalami susah buang air besar.

Banyak minum
Terkadang orang tua merasa kesulitan mengajarkan buah hati untuk minum. Minum air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. salah satu akibat jika kekurangan cairan adalah anak susah BAB. Selain minum air putih, anda bisa memberikan jus buah-buahan seperti jus jeruk, jus apel dan lainnya yang disukai buah hati.

Biasakan BAB di toilet
Membiasakan diri untuk buang air besar di toilet sangat penting untuk buah hati. dengan begitu, ia akan terbiasa buang air besar secara teratur dan rutin setiap harinya. Jika keinginan untuk buang air besar ditunda-tunda, maka akan menyebabkan tinja menjadi semakin mengeras dan sulit untuk dikeluarkan.

Berolahraga
Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang sangat baik dilakukan semua orang, tidak terkecuali buah hati anda. olahraga secara rutin dapat membuat usus akan bergerak secara alami sehingga sistem pencernaan akan berjalan dengan lancar.

Itulah 4 hal penting untuk mengatasi susah buang air besar, semoga tulisan ini bermanfaat.