Tuesday, October 18, 2016

Makanan Untuk Bekal Pendakian Gunung

Tags


Makanan merupakan sumber energy bagi tubuh manusia. Jika sumber energy sudah dapat terpenuhi apapun kegiatan akan bisa dilaksanakan dengan baik. Sebagai conntoh adalah disaan pendakian gunung maka pola makanan juga harus perlu diperhatikan dengan menu makanan yang tepat sebagai sumber energy dalam pendakian. Mendaki gunung salah satu aktifitas yang sangat membuang banyak tenaga dan sudah pasti karbohidrat, lemak, vitamin, protein serta air harus terjaga dengan seimbang didalam tubuh agar energy yang dikeluarkan disaat pendakian bisa teratur. Suatu hal mutlak mesti dilakukan adalah cara memilih menu makanan yang cocok disaaat melakukan pendakian.

Berikut beberapa tips memilih menu makanan yang tepat untuk bekal pendaki gunung :

Makanan yang mengandung sumber tenaga (karbohidrat).
Makanan yang mengandung karbohidrat sangat dianjurkan disaat pendakian gunung. Sebagai fungsi karbohidrat merupakan sebagai sumber energy, menjaga cadangan energy, dan pembentuk protein serta lemak di dalam tubuh. Disaat pendakian sangat membutuhkan energy untuk menambah daya tahan tubuh atas aktifitas yang penuh disaat pendakian dengan mengkonsumsi karbohidrat maka pasokan energy dalam tubuh dapat terpenuhi. Dan juga seorang pendaki harus mempertimbangkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Ada beberapa makanan dengan ukuran ringan tetapi mengandung kalori yang tinggi contoh coklat, roti, Trenz dan Dueto Produk Indofood lain sebagainya yang bisa kita dapatkan dengan mudah di mini market yang tersebar di Indonesia.

Makanan yang tidak mudah basi.

Pendakian gunung bukan merupakan kegiatan yang bisa dilakukan dengan waktu singkat maka sebaiknya kida membawa perbakalan yang tidak cepat basi. Misalkan makanan berbentuk kaleng, mie instan lantaran makanan-makanan ini cepat saji serta lumayan ringan jika dibawa saat pendakian.

Buah dan sayuran.
Makanan yang cepat masak
Air kemasan

Dengan mempertimbangkan beberapa factor diatas maka menu makanan merupakan satu kesatuan yang perlu diperhatikan bagi seorang pendaki gunung. Rata-rata beberapa menu makanan selalu dibawa oleh para pendaki gunung yang sudah berpengalaman, tentunya dengan memperhatikan menu makanan apa yang cocok buat pendaki sendiri. Dan bisa didapat dengan mudah makanan ringan Produk Indofood yang tersebar di mini market atau toko di seluruh Indonesia. Selamat mendaki!