Monday, May 22, 2023

Bagaimana Cara Menggunakan BI Fast? Apa Kehebatannya?

Tags

Apakah kamu termasuk orang yang sering mengeluhkan biaya transfer antar bank yang cukup mahal? Jika iya, sebaiknya segera gunakan BI Fast karena jauh lebih hemat dan layak diandalkan. Kamu bisa menghemat biaya transfer tersebut untuk ditabung atau ngopi di kafe. Menariknya lagi, transaksi menggunakan layanan dari Bank Indonesia ini juga mudah diproses dengan cepat pula.

Panduan Menggunakan Bank Indonesia Fast Payment

Nasabah bank Sinarmas bisa menggunakan aplikasi SimobiPlus supaya lebih praktis. Adapun tata caranya, yakni sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi jika masih belum memilikinya dan lakukan registrasi
  • Buka dan masuk ke dalam apikasi SimobiPlus
  • Silahkan pilih opsi menu “Send” kemudian pilih lagi opsi “Transfer Domestik”
  • Tentukan pilihan tujuan transfer (alamat email, nomor handphone, atau nomor rekening)
  • Ketikkan nominal transfer dan pilih sumber dana yang digunakan
  • Tekan opsi “Transfer BI”
  • Akhiri transaksi dengan memasukkan kode SMS Token

Jika kamu ingin menggunakan layanan transfer menggunakan alamat email atau nomor handphone, maka perlu mengaktifkan fitur proxy address terlebih dahulu pada aplikasi SimobiPlus. Di bawah ini adalah panduan untuk mengatur proxy address:

Masuk aplikasi SimobiPlus, lalu pilih menu Setting. Temukan opsi Transaction Setting dan lanjutkan memilih Manage BI Fast

Klik Add Proxy Address 

  • Silakan memilih jenis proxy address (alamat email atau nomor handphone)
  • Klik tipe rekening yang akan dihubungkan dengan proxy address
  • Periksa kembali kebenaran alamat tersebut, lalu klik Confirm
  • Untuk menyelesaikan proses ini, maka masukkan EasyPIN aplikasi SimobiPlus

Apa Kehebatan Pembayaran Cepat BI?

Setelah mengetahui cara menggunakan layanan pembayaran cepat BI, kamu pun bisa mengandalkan layanan tersebut untuk melakukan transaksi. Berikut merupakan kehebatan yang dimilikinya:

Minimal Transfer 1 Rupiah

Kamu yang lebih menyukai transaksi cashless sangat cocok menggunakan layanan pembayaran cepat BI karena bisa transfer mulai dari 1 rupiah. Batas minimal ini sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki usaha sehingga mendukung kelancaran transaksi.

Jika kamu menggunakan layanan transfer reguler, transaksi hanya bisa dilakukan minimal Rp10.000,00. Nah, sekarang tetap bisa bayar cashless untuk transaksi dibawah Rp10.000,00 kan.

Batas Maksimal Transfer Tinggi

Tidak hanya memberikan batas minimal transfers yang sangat rendah, pembayaran cepat BI juga mendukung transfer dalam jumlah yang cukup besar. Adapun batas maksimal yaitu 250 juta. 

Namun demikian, kamu tidak bisa melakukan transfers 250 sekaligus karena untuk transaksi besar bisa dilakukan dengan batas maksimal 100 juta per transaksi. Dengan demikian, kamu bisa mengulangi proses transaksi tersebut.

Aman dari Kejahatan

Kamu tidak perlu khawatir atau ragu menggunakan layanan pembayaran cepat BI karena sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Bahkan, BI sudah melengkapi layanannya dengan sistem anti fraud sehingga aman dari tindak kejahatan dan pencucian uang.

Praktis

Sebagai masyarakat modern, kamu pasti lebih menyukai hal-hal yang praktis, kan? Nah, layanan pembayaran cepat BI ini sangat memahami kebutuhan tersebut sehingga memberikan akses 24 jam kepada penggunanya. Kamu tidak perlu bingung dan pusing lagi untuk mencari ATM terdekat ketika harus transfer darurat.

Hemat 

Kehebatan pembayaran cepat BI berikutnya yaitu hemat karena kamu hanya per perlu membayar biaya admin Rp2.500,00 setiap kali transaksi transfer antar bank. Biaya ini tentu jauh lebih hemat jika kamu menggunakan transfer regular yaitu Rp6.500,00.

Selisih Rp4.000,00 jika dikumpulkan lumayan banyak karena kamu bisa mengalokasikannya untuk dana darurat, tabungan, atau bahkan ngopi di kafe.


EmoticonEmoticon