Friday, February 24, 2023

8 Jenis Digital Agency Beserta Perannya untuk Bisnis Anda

Tags


Perkembangan teknologi dan internet membuat bermunculan berbagai macam digital agency atau agensi digital. Sesuai namanya, agensi digital memberikan layanan secara digital untuk membantu bisnis Anda berkembang. Namun sebenarnya agensi digital memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Jadi sebelum menggunakan jasa mereka, ada baiknya Anda mengetahui apa saja jenis-jenis agensi digital berikut ini:

Digital Marketing Agency

Digital marketing agency atau agensi pemasaran digital merupakan salah satu jenis agensi yang paling populer. Sesuai namanya, agensi ini membantu perusahaan untuk melakukan pemasaran dan mendapatkan pelanggan secara online. Jenis pemasaran yang dilakukan mulai dari omnichannel, pemasaran single channel, maupun pemasaran multi channel.

SEO Agency

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik optimasi yang dilakukan agar sebuah website muncul di halaman awal mesin pencari. Bahkan tujuan utamanya untuk membantu website naik ke posisi pertama. SEO Agency memberikan beberapa layanan seperti audit situs web, riset kata kunci, audit backlink, membuat link building, merencanakan konten, membuat konten, dan lain sebagainya.

Full-Service Agency

Dari namanya Anda mungkin sudah bisa menebak apa yang dimaksud dengan full-service agency. Layanan digital memang sangat beragam dan banyak agensi digital yang fokus pada layanan tertentu. Berbeda dengan agensi lain, agensi satu ini menawarkan layanan lengkap dan besar. Mulai dari pembuatan website, SEO, SMM, desain grafis, produksi gambar dan video, brand design, dan lain sebagainya.

Digital Ad Agency

Iklan berbayar terbukti memberikan hasil yang maksimal untuk sebuah bisnis. Bahkan hasil konversi dari iklan ini lebih banyak dibandingkan campaign-campaign yang lainnya. Digital Ad Agency merupakan agensi yang menawarkan layanan seputar iklan PPC (pay per click). Bukan hanya menjalankan iklan saja, mereka juga bisa membantu riset agar budget lebih efektif dan efisien.

Web Development Agency

Website merupakan aset digital yang harus dimiliki oleh semua perusahaan. Melalui website ini, perusahaan bisa mengenalkan produk pada calon pelanggan. Web development agency memberikan layanan seperti web development, web design, landing page design, redesign website, dan mobile optimization.

Social Media Agency


Agensi yang pastinya akan sangat berguna untuk bisnis Anda adalah social media agency. Banyak orang berminat dengan layanannya karena media sosial dikenal sebagai platform yang efektif untuk pemasaran. Ada beberapa hal yang dilakukan agensi untuk pemasaran media sosial seperti membuat konten, memasang iklan, berhubungan dengan audiens, dan lain sebagainya.

Influencer Agency

Influencer agency merupakan salah satu jenis agensi digital baru yang muncul seiring perkembangan zaman. Agensi membantu melakukan influencer marketing dengan cara melakukan riset dan memilih influencer yang tepat. Pasalnya promosi dengan influencer juga membutuhkan riset agar memberikan konversi sesuai yang diharapkan.

Marketing


Automation Agency

Jenis agensi digital terakhir yang harus Anda ketahui adalah marketing automation agency. Tren penggunaan bot yang meningkat membuat marketing automation agency begitu diminati. Beberapa contoh layanan yang ditawarkan untuk bisnis Anda adalah otomatisasi email, Facebook chatbot, CRM, atau bentuk otomatisasi yang lainnya. Dibutuhkan perangkat lunak dan kompetensi tinggi untuk membuatnya.

Sudah jelas bukan apa saja jenis-jenis digital agency atau agensi digital? Dengan mengetahui jenis-jenisnya, Anda bisa memilih agensi yang tepat sesuai kebutuhan. Jika menginginkan agensi yang mampu menghandle semua pekerjaan, Anda bisa memilih IDEOWORKS. 

Termasuk integrated agency yang menawarkan layanan di bidang kreatif maupun pemasaran. Jadi Anda bisa mendapatkan semua kebutuhan ketika bekerja sama dengan IDEOWORKS. Sebelum menjalankan campaign, tim juga akan mengajak Anda untuk berdiskusi terlebih dahulu. Langsung saja kunjungi website untuk informasi dan diskusi. 


EmoticonEmoticon