Sunday, August 28, 2022

Berikut Ini Tips Aman Berbelanja Menggunakan Kartu ATM

Tags



Dalam istilah perbankan, terdapat dua jenis kartu transaksi yang umum diterbitkan. Yaitu yang pertama kartu ATM (debit card) yang kedua yaitu kartu kredit (credit card). Kedua kartu ini tentunya memiliki fungsi yang berbeda dalam urusan transaksi. 

Bagi masyarakat non tunai atau kerap juga disebut dengan cashless society, transaksi dengan metode pembayaran non tunai juga menjadi satu hal yang utama. Ada banyak cara pembayaran non tunai, salah satunya yaitu dengan kartu debit. 

Kartu debit diterbitkan oleh bank kepada nasabah sebagai sumber dana utama yang saldonya berasal dari pendapatan, tabungan, maupun simpanan. Fungsinya pun juga beragam. Salah satunya yaitu sering kali digunakan untuk metode pembayaran non tunai saat berbelanja. 

Cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja juga sangat mudah. Bahkan saat ini banyak toko yang mengutamakan pembayaran non tunai dengan kartu debit. Anda bisa menggunakan kartu debit untuk pembayaran saat berbelanja di minimarket, supermarket, butik, kafe, restoran, toko elektronik, dan banyak toko lainnya yang menyediakan EDC untuk kartu berlogo Visa dan Mastercard. Biasanya, kartu bergolo ini rata-rata berlaku di banyak merchant. 

Cara menggunakan kartu ATM untuk belanja


  1. Pastikan merchant yang Anda datangi menyediakan layanan pembayaran non tunai. 

  2. Belanja sesuai kebutuhan

  3. Menuju ke kasir untuk proses pembayaran

  4. Berikan kartu debit untuk digesek di mesin EDC

  5. Memasukkan nominal transaksi

  6. Masukkan PIN kartu debit, pastikan Anda mampu menjaga kerahasiaannya. 

  7. Setelah pembayaran berhasil, saldo Anda akan otomatis terpotong menyesuaikan nominal transaksi. 

  8. Setelah menerima struk pembayaran, cek Kembali jumlah saldo dan nominal transaksi. 

Tips aman berbelanja menggunakan kartu debit


Anda harus memiliki rekening ganda


Memiliki kartu debit lebih dari satu dengan membuka rekening ganda dinilai cukup efektif. Hal ini agar budget yang dikhususkan untuk berbelanja tidak tergabung dengan rekening kebutuhan lainnya. Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi Ketika menghadapi situasi darurat, misalnya lupa nomor PIN, lalu diblokir saat transaksi pembayaran. 

Tetapkan limit maksimal


Tips selanjutnya yaitu tetapkanlah penggunaan limit maksimal saat berbelanja. Kartu debit untuk belanja tetap harus dibatasi. Misalnya, Anda hanya menyiapkan saldo maksimal Rp. 3 juta untuk berbelanja. Menetapkan batasan ini merupakan hal yang penting. Selain untuk mengontrol keuangan belanja, kartu debit yang saldonya banyak dikhawatirkan menjadi incaran pencuri Ketika Anda bertransaksi. 

Belanja di merchant terpercaya


Menggunakan kartu debit saat melakukan pembayaran non tunai sebaiknya dilakukan di merchant-merchant yang terpercaya. Apabila toko yang didatangi kurang tepat untuk pembayaran cashless, pastikan Anda telah menyiapkan pembayaran tunai. 

Jangan lupa selalu jaga kerahasiaan PIN


Meski belanja di toko terpercaya dan merasa dalam keadaan aman, Anda juga tetap harus menjaga kerahasiaan nomor PIN, terutama Ketika memasukkan PIN di mesin EDC. Janganlah ragu untuk menggunakan tangan Anda sebagai penutup Ketika sedang memasukkan nomor PIN supaya tidak terdeteksi oleh siapapun. 

Sebenarnya, cara menggunakan kartu debit untuk berbelanja cukup mudah. Anda juga harus senantiasa memperhatikan keamanannya Ketika menggunakan kartu ATM karena di tempat umum saat berbelanja.

Meskipun tanpa uang fisik, belanja menggunakan kartu debit sepenuhnya aman dan nyaman. anda bisa menggunakan kartu debit dari Bank Sinarmas. Kartu ini dijamin memiliki banyak sekali benefit Ketika menggunakannya. Bank Sinarmas menawarkan banyak sekali keuntungan bagi penggunanya. Anda tetap perlu senantiasa waspada dan hati-hati agar kartu Anda tidak pindah di tangan orang yang tidak bertanggung jawab. 


EmoticonEmoticon