Monday, July 25, 2022

Tips Investasi Reksadana yang Wajib Diketahui Oleh Pemula

Tags

 

Sedang mencari instrumen investasi yang cocok untuk Anda dan tidak memiliki risiko tinggi? Investasi reksadana bisa menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk Anda. Karena jenis instrumen investasi ini tergolong mudah sekali dijalankan.

Berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda tips reksadana yang mudah, khususnya untuk yang baru mengenal apa itu investasi reksadana.

1.  Menentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah menentukan tujuan berinvestasi terlebih dahulu. Contohnya, Anda berinvestasi untuk menyiapkan dana pernikahan, dana darurat, liburan dan masih banyak tujuannya lainnya.

Tujuan akan membantu Anda agar berkomitmen untuk mencapai tujuan sesuai dengan yang Anda inginkan. Tanpa adanya tujuan investasi, maka Anda akan berputar-putar tidak ada tujuan.

2.  Menghitung Nominal Biaya yang Diperlukan dan Target Waktu

Selanjutnya, silahkan Anda hitung nominal yang ideal untuk Anda jadikan sebagai biaya untuk berinvestasi. Sesuaikan biaya dengan yang Anda inginkan dan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Setelah biayanya sesuai, selanjutnya Anda tentukan target waktu yang tepat dan ideal sesuai dengan kebutuhan Anda.

3.  Memahami Seluk Beluk Reksadana

Untuk pemula yang baru berinvestasi reksadana, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu reksadana, keuntungan, dan juga cara kerjanya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mantap dalam berinvestasi.

Informasi terkait reksadana saat ini tidak sulit untuk ditemukan. Di internet ada banyak sekali informasi yang bisa Anda temukan untuk mencari tahu terkait apa itu reksadana.

4.  Memilih Jenis atau Produk Reksadana yang Sesuai

Saat ini ada beberapa produk reksadana yang bisa Anda pilih. Masing-masing produknya sendiri memiliki sejumlah keunggulan masing-masing. Jadi, silahkan Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Adapun jenis-jenisnya diantaranya seperti reksadana pasar uang, pendapatan tetap, reksadana campuran, saham dan beberapa lainnya.

Jangan lupa juga untuk mengecek portofolio investasi di masing-masing lembaga keuangan yang akan Anda pilih. Selain itu, carilah lembaga keuangan yang memiliki kredibilitas yang bagus.

5.  Rutin Berinvestasi

Anda bisa berinvestasi reksa dana kapan saja. Bahkan Anda bisa melakukannya secara rutin setiap satu bulan sehari, contohnya setelah Anda gajian di awal bulan. Dengan begitu, investasi Anda bisa menjadi lebih optimal.

Namun pastikan Anda untuk tetap menyesuaikan budget sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hitung-hitung terlebih dahulu biayanya agar Anda bisa menemukan budget yang tepat dan sesuai.

6.  Mulai dengan Modal Minim

Untuk pemula, Anda bisa memulainya dengan modal yang minim. Terlebih saat ini proses investasi reksadana bisa Anda mulai dengan modal hanya ratusan ribu saja sehingga bisa dimulai dengan modal yang sangat rendah.

Dengan cara ini Anda bisa memulai investasi tanpa harus ragu karena tidak memerlukan biaya yang besar di awal.

Rekomendasi Reksadana yang Kredibel

Bagi yang saat ini berencana untuk menginvestasikan uang di instrumen reksadana, Anda bisa memulainya di Bank Sinarmas. Di bank ini Anda bisa memulai investasi dengan mudah karena bisa dilakukan secara online.

Lembaga keuangan, Bank Sinarmas, sudah beroperasi 25 tahun dan terpercaya. Artinya Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas dan kredibilitas dari perusahaan yang satu ini.

Selain itu, bank ini juga menyediakan berbagai kemudahan bagi yang saat ini berencana untuk berinvestasi sehingga bisa diproses kapan saja.

Demikian ulasan seputar tips memulai investasi reksadana untuk yang baru ingin berinvestasi. Bagaimana, tertarik untuk berinvestasi? Siapkan dana untuk biayanya, lalu daftar di Bank Sinarmas.

 



EmoticonEmoticon