Sunday, July 17, 2022

Mengenal 3 Jenis Pendeteksi Logam Sebelum Membelinya

Tags

 

Perkembangan teknologi terjadi begitu cepat seiring perkembangan zaman. Sekarang sudah banyak alat-alat yang bisa membantu mendeteksi keberadaan sesuatu dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu alat tersebut yaitu metal detector atau alat pendeteksi logam. Seperti namanya, alat ini bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai macam logam. Anda mungkin pernah melihatnya saat dipegang security, di bandara, atau bahkan saat melihat orang mencari logam emas.


Semua alat-alat tersebut memang tampak berbeda. Namun pada dasarnya semuanya sama-sama alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi logam. Fungsi dan penggunaannya saja yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Sebelum menentukan pilihan alat yang ingin dibeli, ketahui tiga jenis metal detector berikut ini:


Handheld Metal Detector


Jenis metal detector yang pertama adalah handheld metal detector. Apakah Anda pernah melihat security atau petugas keamanan yang membawa alat seperti tongkat? Itulah handheld metal detector. Alat ini memang fungsinya untuk keamanan. Digunakan untuk mendeteksi apakah ada orang yang membawa benda berbahaya, logam, dan lain sebagainya. 


Cara kerjanya dengan mengarahkan ke bagian yang diperiksa. Jika ada sinyal tertangkap, maka terdeteksi adanya logam pada bagian tersebut. Kelebihan handheld metal detector yaitu ukurannya kecil dan mudah dibawa ke mana saja.



Walkthrough Metal Detector


Jenis metal detector yang kedua yaitu walkthrough metal detector. Bentuknya seperti ruangan atau bilik. Pada alat ini ada sensor yang bisa mendeteksi keberadaan logam atau metal. Ada walkthrough metal detector untuk manusia dan barang seperti tas. Biasanya walkthrough metal detector yang untuk barang bisa berjalan seperti elevator.


Sedangkan untuk yang manusia seperti bilik biasa. Mereka harus masuk ke dalamnya dan alat akan langsung mendeteksi keberadaan logam. Alat bisa melakukan scanning mulai dari kepala hingga kaki. Ada alarm dan LED untuk memberitahu adanya benda logam yang tertangkap.


Metal Detector Hunter


Jenis metal detector terakhir tidak kalah berguna dari jenis-jenis sebelumnya. Metal detector hunter adalah alat yang bisa digunakan untuk mencari logam. Biasanya jenis logam yang dicari emas atau logam berharga mahal lainnya. Emas merupakan logam mulia yang bisa ditemukan di kedalaman tanah, air, dan lain sebagainya. 


Selain untuk mencari emas, penggunaannya juga bisa untuk penelitian. Arkeolog mencari benda-benda peninggalan zaman dahulu untuk diteliti. Pasalnya metal detector hunter juga bisa digunakan untuk mencari harta karun.


Rekomendasi Metal Detector MINELAB


Jika Anda mencari metal detector untuk mencari emas atau logam lainnya, MINELAB menawarkan banyak pilihan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan budget. Ada banyak kelebihan produk dari brand ini yaitu:


Fitur dan teknologi kekinian


Kelebihan pertama adalah fitur dan teknologi kekinian yang memudahkan dalam mencari logam di dalam tanah atau air. Fitur tersebut mudah digunakan, bahkan pemula bisa menjadi ahli dengan metal detector ini.


Bergaransi


Semua produk metal detector asli dari MINELAB mendapatkan garansi. Dengan adanya garansi tersebut, Anda tidak perlu khawatir alat akan rusak tiba-tiba. Pastikan membeli barang asli untuk bisa klaim garansi.


Harga beragam


Metal detector memiliki harga yang sangat beragam. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada alat yang cocok untuk pemula maupun profesional. Semua kebutuhan Anda ditawarkan oleh brand satu ini.


Itulah pembahasan jenis alat pendeteksi logam atau metal detector. Tertarik membeli detektor logam dari MINELAB? Anda bisa membelinya melalui website www.minelab.co.id. Jika ingin membeli langsung, saat ini dealer-nya juga sudah tersebar di berbagai kota Indonesia. Hubungi tim melalui aplikasi WhatsApp jika ingin berkonsultasi sebelum membeli.



EmoticonEmoticon