Friday, April 1, 2022

Keuntungan Menggunakan Sistem Online Payment Gateway Untuk Toko Online Anda

Tags

Memiliki toko online merupakan cara terbaik untuk melebarkan bisnis sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Namun ketika memiliki toko online, Anda juga harus memikirkan mengenai metode pembayaran yang aman untuk pelanggan. Online payment gateway merupakan sistem pembayaran yang patut untuk Anda pertimbangkan. Sistem pembayaran tersebut mempermudah pelanggan sekaligus Anda sebagai pemilik toko online.  Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan apabila Anda menggunakannya, yaitu sebagai berikut:


Transaksi Menjadi Lebih Aman


Website toko online yang Anda miliki harus terintegrasi dengan payment gateway tertentu untuk menyediakan metode pembayaran online yang beragam. Setelah pelanggan membayar, maka dana akan masuk ke akun toko online milik Anda secara otomatis. Payment gateway dianggap lebih aman dibandingkan pembayaran biasa karena memiliki sistem pendeteksi fraud dan sistem keamanan lain. Hal tersebut meminimalisir pelanggan yang mengaku-ngaku sudah membayar, padahal sebenarnya belum.


Transaksi Menjadi Lebih Cepat dan Mudah


Transaksi yang cepat dan mudah disukai oleh kedua belah pihak baik Anda sebagai pemilik toko online maupun pelanggan yang membeli produk di toko Anda. Payment gateway membuat sistem pembayaran terintegrasi dengan toko online Anda. Jadi proses transaksi lebih cepat. Anda dan pelanggan bisa menerima notifikasi pembayaran berhasil secara cepat pula. Nanti Anda bisa langsung memproses transaksi yang dilakukan pelanggan, jadi barang lebih cepat sampai ke pelanggan. Tentu saja akhirnya pelanggan menjadi puas membeli di toko online Anda.





Menawarkan Banyak Metode Pembayaran


Pernahkah pelanggan tidak jadi membeli di toko Anda karena tidak ada metode pembayaran yang diinginkan? Misalnya mereka menginginkan metode pembayaran dari OVO namun Anda tidak menyediakannya. Jika menggunakan payment gateway, Anda tidak akan mengalami hal tersebut. Pasalnya online payment gateway mengotorisasi semua metode pembayaran sesuai yang Anda inginkan. Anda bisa mengaktifkan metode pembayaran seperti virtual account, berbagai e-wallet, transfer dari berbagai bank, kartu kredit, hingga pembayaran di minimarket.


Memperluas Jangkauan Bisnis


Toko online tentu saja harus menawarkan sistem pembayaran online. Semakin banyak metode pembayaran online yang Anda sediakan, maka akan semakin memperluas jangkauan bisnis. Pasalnya pelanggan bisa memilih jenis pembayaran sesuai dengan kemampuan mereka. Tidak ada lagi halangan untuk mereka membeli produk yang disukai.


Transaksi yang Tidak Terbatas


Keuntungan menggunakan payment gateway selanjutnya yaitu transaksi yang tidak terbatas. Anda bisa menerima banyak transaksi dalam waktu yang berdekatan. Ketika pelanggan ramai, sistem mampu mengelola transaksi dengan baik dan akurat. Jadi Anda tidak perlu pusing dan takut terjadi kesalahan.


Meningkatkan Kepercayaan Konsumen


Banyaknya penipuan dari toko online membuat pelanggan semakin hati-hati saat berbelanja online. Mereka cenderung tidak langsung percaya ketika disuruh transfer langsung dari bank atau disuruh memberikan nomor kartu kredit. Payment gateway yang memiliki keamanan tinggi bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda.


Mempermudah Laporan Keuangan


Keuntungan terakhir dari payment gateway adalah mempermudah laporan keuangan. Anda bisa melihat setiap transaksi pembayaran yang masuk melalui dashboard. Informasi yang ditampilkan juga cukup detail mulai dari tanggal transaksi hingga status. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam membuat laporan keuangan. Selain itu, kesalahan dalam laporan keuangan juga bisa diminimalisir.


Itulah berbagai keuntungan apabila Anda menggunakan online payment gateway. Apabila ingin mengaktifkan layanan payment gateway, Anda bisa menggunakan Faspay. Layanan yang ditawarkan memiliki banyak kelebihan mulai dari kemudahan dalam mengaktifkan sistem pembayaran, keamanan tinggi, banyak metode pembayaran, dna masih banyak yang lainnya. Langsung saja registrasi di website resmi Faspay yaitu www.faspay.co.id. 


EmoticonEmoticon