Thursday, December 23, 2021

Alasan Mengapa Social Media Agency Jakarta Dapat Memajukan UMKM

Tags


Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar, UMKM memiliki kontribusi besar dalam membangun ekonomi negara. Hal itu bisa terwujud jika usaha kecil dan menengah mampu bersaing. Persaingan di era modern ini memang sangat ketat, namun dengan adanya media sosial, UMKM bisa tetap dikenal hingga ke target pasar yang lebih luas. Memanfaatkan media sosial untuk promosi tidak selalu semudah yang dibayangkan. Ada banyak detail yang harus dipahami, maka penting untuk bekerja sama dengan jasa social media agency Jakarta agar dapat melakukan strategi marketing yang tepat. 

Mengingat besarnya peluang promosi yang ada di sosial media perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Selain itu, sosial media juga mampu memberikan dampak yang besar jika dikelola dengan baik. Sebuah data juga menunjukkan bahwa 87% konsumen akan mencari produk secara online. Oleh karena itu, pemasaran melalui digital marketing sangat cocok bagi para pelaku UMKM untuk dapat menghasilkan keuntungan yang tak sedikit. Berikut alasan lain penggunaan jasa agensi media sosial sangat penting untuk UMKM.


  1. Dapat Membantu Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Media sosial dapat digunakan untuk menganalisis produk yang sesuai dengan sasaran pasar. Selain itu, penggunaan media sosial yang tepat juga dapat dimanfaatkan untuk mempelajari kebiasaan konsumen sehingga mudah menargetkan pelanggan ideal yang lebih baik. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan jika tidak memiliki keahlian khusus di bidang digital. Oleh karena itu, social media agency Jakarta dapat membantu kegiatan analisis di media sosial.

  1. Mempererat Hubungan Pelaku Usaha dengan Konsumen

Salah satu tantangan dalam menjalankan sebuah usaha adalah mempertahankan atau membuat konsumen kembali membeli produk. Selain mengidentifikasi produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, kunci untuk mempertahankan pelanggan juga dengan menjaga hubungan dengan konsumen tetap baik. Agensi media sosial tentu memiliki cara dan teknik terbaik untuk permasalahan tersebut. 

  1. Mampu Melakukan Pendekatan dari Berbagai Channel

Faktanya, pelanggan potensial bisa berada di mana saja, sehingga kurang efektif jika menggunakan satu saluran saja. Di sisi lain, akan lebih merepotkan jika pelaku UMKM mengelola berbagai akun media sosial yang tentu memiliki teknik pemasaran yang berbeda-beda. Peran social media agency disini adalah mencari peluang di beberapa akun media sosial kemudian mengelolanya dengan teknik yang tepat. Jika UMKM memiliki lebih dari satu akun media sosial yang aktif tentu akan lebih meningkatkan keuntungan. 

  1. Membantu Persaingan dengan Kompetitor Besar

Persaingan juga diperlukan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas bisnis maupun produk. Umumnya UMKM dianggap tidak mampu dalam persaingan dengan perusahaan-perusahaan besar berskala nasional hingga internasional. Padahal jika memiliki kemampuan digital marketing yang baik, UMKM dapat mengejar keberhasilan bisnis-bisnis besar yang namanya sudah terkenal. Dengan sajian konten yang menarik, pendekatan konsumen yang baik, serta digital event yang kreatif, agensi media sosial mampu membantu UMKM dalam persaingan tersebut. 

  1. Menghemat Biaya Iklan

Umumnya UMKM menggunakan cara tradisional untuk promosi seperti pasang iklan di radio, tv, atau papan reklame. Cara tersebut tentu membutuhkan biaya yang cukup banyak. Saat ini dengan kemudahan dari internet, kegiatan promosi bisa dilakukan melalui media sosial yang bahkan jangkauan pasarnya lebih luas. Namun penggunaan media sosial juga perlu dibarengi teknik pemasaran yang tepat. Social media agency Jakarta dapat menawarkan biaya yang lebih ringan dengan iklan yang tetap berkualitas. 


Bukan hal mustahil bahwa usaha kecil dan menengah bisa sukses di era digital ini. Dengan bantuan Ideoworks yang merupakan social media agency Jakarta, para pelaku UMKM bisa sampai pada kesuksesan bisnis. 




EmoticonEmoticon