Saturday, July 3, 2021

Cara Melatih Anak untuk Tanggung Jawab



Tanggung jawab merupakan salah satu karakter penting yang perlu dibentuk sejak dini. Pasalnya rasa tanggung jawab tidak bisa tumbuh secara instan ketika mereka dewasa. Mengajarkan tanggung jawab sejak dini juga membantu si Kecil mengenal apa konsekuensi dari kesalahan yang dibuat. Kerja sama dan konsistensi Mam dan Pap dibutuhkan untuk melatih rasa tanggung jawab pada si Kecil. Sedangkan beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Melibatkan Si Kecil dalam Pekerjaan Rumah



Mam bisa memulai melatih tanggung jawab pada anak dengan melibatkan mereka dalam pekerjaan rumah. Ada beberapa pekerjaan rumah sederhana yang bisa dilakukan si Kecil misalnya merapikan mainan, merapikan tempat tidur, memberi makan hewan peliharaan, mencuci piring, dan lain sebagainya.

  • Tingkatkan Tanggung Jawab Sesuai Usia

Mam dan Pap harus mempertimbangkan usia si Kecil saat akan memberikan tugas. Pasalnya usia tersebut juga berhubungan dengan kemampuannya. Anak yang berusia di bawah 5 tahun pada umumnya belum sanggup mencuci piring sendiri. Oleh sebab itu, berilah peran dan tanggung jawab sesuai usianya.

  • Ingatkan Tentang Konsekuensi

Hal yang tidak boleh dilupakan saat melatih rasa tanggung jawab pada si Kecil adalah mengingatkan tentang konsekuensi. Tanggung jawab selalu berhubungan dengan risiko dan konsekuensi. Beri tahu apa konsekuensi yang akan didapatkan apabila mereka tidak mengerjakan tanggung jawabnya.

  • Beri Kepercayaan

Saat melatih tanggung jawab pada anak, maka Mam juga perlu memberikan kepercayaan penuh. Biarkan si Kecil mencoba hal baru yang mereka inginkan misalnya mengikat sepatu sendiri, mengambil minum sendiri, dan lain-lain. Tugas Mam yaitu melakukan pengawasan agar si Kecil bisa mendapatkan bantuan saat membutuhkannya.

  • Beri Pujian

Pujian dan terima kasih menjadi hal penting yang bisa menambah semangat si Kecil. Beri pujian saat mereka mampu mengerjakan pekerjaannya. Pujian dan terima kasih tersebut menjadi bentuk penghargaan atas usaha anak.

  • Sabar

Bersabar adalah kunci dalam melatih karakteristik positif anak, termasuk tanggung jawab. Pasalnya dibutuhkan proses yang panjang agar si Kecil mengerti apa itu tanggung jawab. 

Itulah beberapa cara melatih rasa tanggung jawab pada anak sejak dini yang bisa Mam lakukan. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S26 GOLD dengan formula MultiexcelTM αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.


EmoticonEmoticon