Wednesday, May 19, 2021

Mengenal Karakteristik Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta

Tags

kuliah kelas karyawan di Jakarta

Menempuh pendidikan bisa dilakukan kapan saja, bahkan saat Anda sudah menjadi karyawan di suatu perusahaan. Saat ini sudah banyak tersedia tawaran kuliah kelas karyawan di Jakarta terbuka bagi siapa saja. Program kuliah ini biasanya diikuti oleh karyawan yang ingin meningkatkan kompetensi dan berharap bisa meraih jabatan lebih tinggi setelah kuliah. 

Kuliah bagi Karyawan

Bagi Anda yang tertarik untuk menempuh kuliah khusus kelas karyawan, maka harus paham dulu karakteristik program kuliah ini. Tentu saja program kuliah untuk karyawan ini tidak sama dengan program kuliah biasa. Berikut adalah beberapa karakteristik program kuliah untuk karyawan yang bisa Anda pahami:

Jadwal Kuliah Malam dan Weekend

Kuliah khusus bagi karyawan memiliki jadwal yang tidak sama dengan aktivitas perkuliahan biasa. Bagi karyawan, biasanya jadwal kuliah akan ditempatkan di waktu malam atau bisa juga saat akhir pekan. Hal ini menyesuaikan dengan jadwal kerja karyawan yang biasanya masuk pada weekday mulai dari pagi hingga sore. Jadi, jadwal kuliah dibuat ada di luar jadwal bekerja.

kuliah kelas karyawan di Jakarta

Urusan jadwal perkuliahan ini harus diperhatikan kembali. Sebelum mengambil kuliah, Anda harus memastikan bahwa jadwal perkuliahan tidak mengalami bentrok dengan jadwal bekerja. Susun jadwal sebaik mungkin sehingga aktivitas kuliah dan pekerjaan bisa berjalan beriringan. 

Harus Ada Persetujuan Perusahaan

Bagi karyawan yang akan mengambil kelas kuliah, maka sangat penting untuk mendapat persetujuan dari perusahaan. Tempat Anda bekerja harus tahu bahwa Anda tengah menempuh pendidikan. Hal ini penting untuk dilakukan agar lebih mudah untuk menjalani kedua aktivitas ini secara seimbang.


Sebagai contoh, jika perusahaan tahu bahwa karyawannya berkuliah saat weekend maka pekerjaan tambahan di hari tersebut bisa dialihkan ke karyawan lain. Atasan sebaiknya mengetahui bahwa karyawannya berkuliah sehingga bisa memberi keringanan kepada mereka. Ini penting agar karyawan tidak merasa keberatan menjalani kuliah sambil bekerja.

Pilihan Jurusan Harus Mendukung

Bagi mahasiswa biasa yang mengambil program kuliah, biasanya pilihan jurusan masih disesuaikan dengan passion. Bahkan seringkali pilihan jurusan diambil tanpa pertimbangan. Sementara itu bagi karyawan yang akan berkuliah, pilihan jurusan sebaiknya harus mendukung dengan profesi yang digeluti. Tentu saja akan jauh lebih bermanfaat jika jurusan kuliah sesuai dengan profesi saat ini.


Terdapat beragam pilihan jurusan kuliah kelas karyawan di Jakarta yang bisa diambil. Apabila pilihan jurusan sesuai dengan profesi, maka pihak perusahaan juga akan lebih mudah memberi izin. Justru atasan akan memberi dukungan penuh bagi karyawannya yang berkuliah lagi.

Jadwal Padat dan Menantang

Salah satu karakter kuliah kelas karyawan adalah adanya tantangan dalam mengatur jadwal. Harus bekerja dan berkuliah tentu membuat Anda harus teliti mengatur waktu. Anda harus bisa membagi waktu sebaik mungkin sehingga kegiatan kuliah dan pekerjaan di kantor berjalan lancar. Jangan lupa buat to do list setiap hari untuk mempermudah semua target terpenuhi. 

Fokus Kuliah ke Arah Profesi

Jika di kelas karyawan, maka kegiatan perkuliahan akan berfokus pada profesi yang berhubungan dengan jurusan tersebut. Bahkan materi perkuliahan yang dibahas sudah mengarah pada praktik nyata di bidang profesi yang berhubungan. Hal ini akan mempermudah Anda untuk memperluas kompetensi sebagai karyawan di bidang tersebut.

Itulah beberapa karakteristik kuliah kelas karyawan yang bisa Anda ambil. Salah satu pilihan kuliah kelas karyawan di Jakarta adalah STMIK IDS Digital College. Sekolah tinggi ini menjadi tempat yang tepat bagi karyawan di bidang ilmu komputer maupun informatika untuk memperluas bidang ilmu dan kompetensinya. 


EmoticonEmoticon