Friday, March 5, 2021

Cara Menggunakan Susu Bubuk yang Aman untuk Bayi Anda

susu bubuk

Mempersiapkan susu formula tidak terlalu sulit, tetapi ketika mencampurkan susu formula dengan air, proporsi harus tepat agar bayi Anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat. Karena dengan banyaknya susu bubuk formula, tidak semuanya mengandung gizi yang seimbang, dan tepat untuk anak Anda. Maka melakukan kewaspadaan untuk melindungi anak dari penyakit bawaan makanan juga penting dilakukan karena anak tidak memiliki banyak kekebalan terhadap kuman, khususnya bayi.

Periksa Tanggal Kadaluarsanya

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mewajibkan produsen formula untuk menganalisis setiap pengiriman guna memverifikasi nutrisi dan mencap setiap kotak dengan stempel tanggal kadaluarsanya. 

susu bubuk

Jika bayi Anda termasuk anak malas yang tidak suka susu, biasanya Anda memilih jenis susu tertentu. Namun luangkan waktu beberapa detik untuk mengecek umur simpannya untuk memastikan keamanan dan kualitasnya. Jika Anda membeli dalam jumlah besar, periksa tanggal kadaluarsanya sebelum memberikannya kepada bayi Anda.

Jika Anda baru saja melahirkan, untuk membentuk kebiasaan makan bayi Anda, akan membutuhkan waktu beberapa bulan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan kebutuhan bayi, sekaligus menentukan jumlah ASI yang perlu ibu persiapkan untuk bayinya.

Menyimpan Susu Pada Suhu yang Tepat

Suhu yang sangat panas atau dingin dapat menghabiskan nutrisi dalam formula, jadi penting untuk menyimpan formula pada suhu yang tepat. Suhu penyimpanan optimal adalah antara 13 dan 23 derajat C, namun pastikan susu disimpan di bawah 35 derajat atau di atas titik beku atau 0 derajat.

Pilih lemari dengan beberapa kompartemen atau rak yang jauh dari kompor, oven, pipa pemanas, atau pipa air panas. Jangan memaparkan karton susu ke sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya di lemari es. Cara terbaik adalah tidak meninggalkan susu formula di lemari es atau di tempat yang lembab, karena dapat menyebabkan adonan menggumpal, yang dapat menyebabkan susu menggumpal.

Langkah-Langkah Mempersiapkan Susu Formula

Untuk menyiapkan susu bubuk formula bayi diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

Cuci tangan

Yang pertama sebelum Anda menyiapkan susu formula adalah cuci tangan dengan sabun dan air hangat sekitar 20 detik. Kemudian keringkan tangan dengan handuk kertas.

Mencuci peralatan

Menggosok botol atau dot dengan sikat dan air sabun hangat lalu membilasnya juga dapat membunuh kuman. Beberapa ahli menyarankan untuk mensterilkan semua botol, dot, cangkir, dan sendok. 

Cuci dan keringkan bagian atas kaleng susu sebelum membuka tutupnya

Ini menghilangkan debu dan cairan yang mungkin tumpah di kaleng. Gunakan pembuka kaleng yang bersih dan bilas sebelum digunakan sehari-hari.

Sebagai ibu, Anda juga harus jeli dalam memilih susu bubuk formula untuk anak Anda, karena jika salah memilih bisa menyebabkan tumbuh kembang anak jadi terganggu. Ayo dukung anak Anda dengan LACTOGROW, yang mengandung Serat Pangan/Inulin, serta 0 gr Sukrosa, yang sangat bagus untuk membantu memperlancar pencernaan anak Anda.


EmoticonEmoticon