Thursday, September 24, 2020

6 Tips Merawat Perhiasan Mutiara Agar Tetap Cantik Berkilau

Tags

Perhiasan Mutiara

Perhiasan merupakan salah satu aksesoris yang harus dirawat dan dijaga. Terutama jenis perhiasan mutiara yang bernilai tinggi. Merawat perhiasan tidak hanya mempertahankan nilai jualnya saja. Perawatan ini sangat penting sekali agar perhiasan tetap cantik dan mengeluarkan kilaunya yang indah.

Untuk perawatan perhiasan itu sendiri tidak harus ke tempat khusus. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Berikut kami jelaskan tipsnya kepada Anda.

1. Pisahkan Perhiasan dari Jenis Perhiasan Lainnya

Pastikan Anda memiliki tempat khusus untuk menyimpan perhiasan ini. Jangan sekali-kali Anda menempatkan perhiasan dengan jenis perhiasan lain. Karena, beberapa perhiasan lain memiliki sisi tajam. Terutama untuk jenis perhiasan berlian. Karena, berlian harus memiliki tempat khusus agar tidak menggores perhiasan lain.

Perhiasan Mutiara

Gunakan kotak khusus untuk menempatkannya. Jangan menggunakan jenis kantong plastik, untuk tempat perhiasan Anda. Idealnya, mutiara Anda simpan di tempat khusus seperti yang berbahan dasar beludru kecil.

Plastik adalah bahan yang biasanya suka mengeluarkan zat kimia. Kandungan tersebut, lama kelamaan akan menurunkan kualitas perhiasan, khususnya mutiara.

2. Gunakan Air Mineral untuk Membersihkan

Jika ada bercak putih pada berlian, gunakanlah air mineral untuk membersihkannya. Jangan pernah menggunakan jenis air lain, seperti air kran. Karena, air dari kran biasanya sudah terkontaminasi. Air kran tidak cocok untuk membersihkan bercak atau kotoran yang ada pada mutiara.

Selain itu, jangan menggunakan cairan lain, terutama jenis cairan yang mengandung bahan kimia. Karena, bahan kimia akan membuat  mutiara menjadi kusam. Perhatikanlah jenis cairan yang digunakan. Jika tidak tahu soal cairan ini, sebaiknya pilih air mineral saja.

3. Jangan Digunakan untuk Aktivitas Sehari-Hari

Gunakanlah perhiasan hanya untuk acara-acara tertentu saja. Jangan gunakan untuk aktivitas seperti bekerja di kantor, bekerja di rumah, dan aktivitas lainnya. Karena, aktivitas tersebut bisa saja membuat mutiara tergores.

Jangan sering-sering juga menggunakan mutiara dengan perhiasan lain seperti cincin berdekatan. Hal ini juga akan membuat mutiara rentan terhadap goresan dari cincin tersebut.

Alangkah baiknya Anda menggunakan mutiara hanya untuk kebutuhan khusus saja. Misalnya pada saat Anda ingin pergi ke acara pesta, atau beberapa acara-acara penting lainnya.

4. Jangan Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari tidak bagus untuk perhiasan Anda. Jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Hal tersebut akan menyebabkan mutiara berubah warna menjadi kuning. Itulah kenapa, Anda tidak boleh sering menggunakannya untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Jika Anda sudah tahu akan melakukan aktivitas di luar ruangan, sebaiknya jangan menggunakannya di hari tersebut. Gunakanlah beberapa jenis perhiasan atau aksesoris lain saja untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

5. Rajin Membersihkan Sesudah Dipakai

Agar tetap berkilau, pastikan Anda membersihkannya setelah selesai digunakan. Gunakan air mineral untuk mencucinya. Pastikan tidak ada setitik pun noda yang terdapat pada mutiara. Baik itu keringat, mapun sumber asam lainnya, hal tersebut dapat membuat mutiara menjadi kusam.

Selain itu, pastikan Anda membersihkannya dengan baik dan benar. Bersihkanlah secara perlahan. Pegang rantainya baik-baik agar mutiara tidak jatuh ketika Anda membersihkannya.

Kesimpulan

Mutiara yang tidak terawat kilaunya akan tertutupi oleh debu, dan berbagai cairan lainnya. Itulah kenapa, setiap pemilik mutiara wajib membersihkannya secara rutin. Dengan begitu, mutiara akan tetap berkilau dan memiliki nilai investasi yang tinggi.

Demikian penjelasan seputar tips merawat perhiasan mutiara. Anda sedang berencana membelinya? Pesan perhiasan hanya di The Palace. Temukan beragam desain menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harga yang ditawarkannya pun kompetitif dan relatif terjangkau.


EmoticonEmoticon