Thursday, April 16, 2020

Apa yang Perlu Anda Tahu Tentang Ekstensi D3 ke S1?

Tags

ekstensi d3 ke s1
Pendidikan sangatlah penting bagi kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Kualifikasi pendidikan yang baik dan bagus, sangatlah penting untuk mewujudkan impianmu di masa depan. Jenjang pendidikan yang ditempuh mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, memberikan bekal pendidikan yang cukup. Namun, seiring perkembangan jaman yang modern, ketrampilan dan jenjang pendidikan yang tinggi sangat diperlukan. Tidak sedikit orang yang mulai mengenyam pendidikan dengan jenjang mulai dari diploma hingga sarjana. 

Meskipun tidak bergelar sarjana, program pendidikan diploma banyak digemari oleh para siswa lulusan SMA dan sederajat. Program pendidikan yang lebih singkat dibandingkan dengan sarjana, menjadi salah satu faktor banyak orang memilih jenjang diploma. Sebagian jurusan ataupun program pendidikan tertentu hanya menyediakan program diploma. Namun sekarang ini kemudahan melakukan ekstensi D3 ke S1 menjadi solusi terbaik.

(source:https://virtueducation.org/wp-content/uploads/2020/03/126.-beasiswa-ekstensi-d3-ke-s1-luar-negeri-1.jpg)

Ekstensi merupakan jenjang pendidikan yang bisa dipilih oleh mahasiswa lulusan D3. Program ekstensi adalah salah satu program pendidikan yang bisa dipilih oleh mahasiswa lulusan program D3 yang ingin mengekstensi atau memperpanjang jenjang pendidikannya menjadi S1. Para lulusan D3 bisa melanjutkan kuliahnya hingga S1 tanpa perlu mengulang dari awal, setidaknya membutuhkan waktu satu tahun masa perkuliahan. 

Dengan begitu gelar Diploma (D3) yang sudah diperoleh lebih dulu, berganti menjadi gelar Sarjana (S1).  Ekstensi diperlukan untuk mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi guna mengejar karir yang cemerlang. Era modern seperti sekarang ini harus diiringi dengan pengetahuan serta keterampilan yang bagus. Jenjang pendidikan tinggi seperti sarjana menjadi prioritas dalam setiap perusahaan maupun instansi terkait. Sehingga, sangat dianjurkan bagi anda yang masih diploma (D3) untuk meneruskan ke jenjang sarjana (S1).

Memilih program ekstensi D3 ke S1 tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Perlu adanya pengamatan yang cermat dan teliti dalam menentukan program ekstensi tersebut. Dengan memperhatikan beberapa hal penting dalam memilih program ekstensi, akan membantu anda dalam menentukan pilihan terbaik. Berikut ini terdapat beberapa tips yang akan membantumu dalam menentukan pilihan.

Memilih Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program Ekstensi


Dalam melakukan ekstensi dari diploma menjadi sarjana, anda harus memperhatikan dengan baik perguruan tinggi yang menyediakan program tersebut. Cermati dengan sangat baik dan teliti perguruan tinggi yang memberikan layanan program ekstensi terbaik. Memilih perguruan tinggi terbaik dengan program ekstensi yang sesuai, maka akan sangat menyenangkan.

Jurusan yang Sebidang


Apabila anda ingin mengikuti program ekstensi pada perguruan tinggi, maka pilihlah jurusan yang sebidang dengan jurusan D3 sebelumnya. Apabila pada jenjang diploma (D3) anda  mengambil jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, maka pilihlah S1 Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Karena ekstensi adalah perpanjangan,yang dimana anda akan menambah mata kuliah yang belum didapatkan selama menempuh jenjang diploma (D3). 

Jadi, kesimpulannya anda menambah mata kuliah sebagai syarat kelulusan sarjana (S1) sesuai dengan jurusan yang diambil untuk kelulusan D3 sebelumnya. Apabila anda memilih jurusan yang berbeda dengan jurusan D3 sebelumnya, maka dengan otomatis anda harus mengikuti perkuliahan sejak awal dan mendasar. Karena mata kuliah yang wajib pun akan sangat berbeda, sehingga bisa disebut dengan mengulang perkuliahan.

Ekstensi dari jenjang pendidikan diploma (D3) menuju sarjana (S1), dilakukan dengan pemilihan jurusan yang linier. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan anda menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apabila sebelumnya anda memiliki gelar pendidikan diploma, maka melalui ekstensi anda akan memperoleh gelar sarjana. Sehingga kualifikasi pendidikan anda semakin tinggi dan dapat menunjang karir yang semakin cemerlang.

IDS Digital College, menyediakan program ekstensi D3 ke S1 dengan jurusan mobile apps & games development, cyber security, dan software engineering. Dengan program pendidikan yang berkualitas demi mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Percayakan program pendidikan IT anda bersama IDS Digital College.


EmoticonEmoticon