Wednesday, March 25, 2020

Perbedaan Data dan Informasi dari Materi Jurusan Sistem Informasi

Tags

jurusan sistem informasi
Data dan informasi merupakan dua hal yang akan selalu di bahas dalam perkuliahan sistem informasi di IDS Digital College. Namun terkadang masih banyak yang keliru terkait dengan pengertian, fungsi hingga perbedaan antara data dan informasi. Bahkan masih ada yang menganggap data merupakan bagian dari informasi dan begitu juga sebaliknya. Bila hal ini tidak diluruskan maka akan terus menjadi sebuah informasi yang salah. Maka dari itu di jurusan sistem informasi IDS Digital College, Anda akan memahami segala tentang data dan informasi.

Secara sederhana, informasi yang kita dapat selama ini merupakan berasal data. Jadi antara data dan informasi memiliki keterkaitan. Meski dikatakan sebagai pelengkap namun keduanya tentu memiliki perbedaan baik dari segi pengertiannya maupun contohnya. Sebelum masuk ke topik perbedaan antara keduanya, ada baiknya Anda paham tentang pengertian antara data dan informasi agar tidak salah kaprah lagi. 

Pengertian data adalah salah satu komponen dasar yang paling utama agar bisa terciptanya suatu informasi. Data berisi kumpulan peristiwa dan fakta-fakta menarik yang patut untuk dibahas dengan kondisinya yang  belum diolah atau diproses. Proses pengambilan data bisa darimana saja, kebanyakan merupakan hasil dari lapangan yang belum diproses sama sekali. 

Data memiliki bentuk beragam yang terdiri dari karakter, huruf, angka maupun kombinasi yang melewati proses pengolahan agar bisa menjadi sebuah informasi yang bisa diakses oleh user. Untuk kebutuhan lainnya, data juga bisa diolah dengan menggunakan metode tertentu agar bisa menghasilkan informasi sesuai yang diinginkan. 

Selanjutnya pengertian informasi yang merupakan kumpulan data yang sudah diproses dengan menggunakan metode tertentu untuk bisa menciptakan suatu informasi yang diinginkan oleh seseorang. Informasi juga dapat dijadikan sebagai pedoman seseorang dalam menentukan keputusan suatu hal. 

Untuk lebih jelasnya lagi, data yang masih mentah harus diolah sedemikian rupa agar menjadi suatu informasi yang memiliki tujuan untuk bisa memberikan manfaat bagi user yang menerimanya. Bentuk Informasi cukup beragam, bisa berupa hasil analisa, penyimpulan dari data yang sudah diambil sebelumya atau gabungan antara keduanya. Dalam dunia komputer, informasi menjadi komponen yang sangat penting karena berhubungan langsung dengan sistem yang dijalankan. 

Setelah mengetahui penjelasan tentang pengertian antara data dan informasi, mari berlanjut ke pembahasan tentang perbedaan data dan informasi yang bisa Anda cermati dalam beberapa poin berikut ini, yaitu :

Data bersifat mentah sehingga harus diolah dahulu baru bisa menjadi sebuah informasi bermanfaat. Sedangkan untuk informasi sudah memiliki makna tertentu di dalamnya yang akan disampaikan ke user. 

Data biasanya diambil dari lapangan, maka itulah yang menjadi alasan disebut dengan bahan mentah sehingga belum bisa digunakan untuk menentukan suatu keputusan. Sedangkan informasi bisa Anda  digunakan untuk menentukan keputusan karena itu berasal dari data yang telah diolah menjadi informasi yang mudah dicerna. Inilah salah satu materi yang akan dipelajari jurusan sistem informasi. di IDS College.

Data masih sulit dipahami oleh user karena bentuknya yang masih mentah dan belum diolah. Namun jika merupakan bentuk dari informasi maka user akan lebih mudah memahami arti dari hal tersebut.
Data terdiri dari beragam bentuk seperti rincian, fakta, hasil pengamatan atau peristiwa yang saat itu sedang terjadi. Sedangkan untuk informasi merupakan data yang telah diolah dengan menggunakan metode tertentu sesuai dengan hasil yang diharapkan. 


EmoticonEmoticon