Sunday, March 8, 2020

Interaksi Yang Dapat Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Ketiga

Ibu Hamil
Trimester ketiga (akhir) merupakan masa-masa penantian oleh semua ibu hamil. Kehadiran buah hati yang selama ini dikandungnya akan dipersiapkan separipurna mungkin orangtuanya terutama Ibu. 

Ibu hamil dapat melakukan banyak cara untuk berinteraksi dengan jabang bayi untuk melatih komunikasinya sejak dini. Hal ini juga bisa menambah ikatan batin antara bunda dengan si buah hati.
6 cara berinteraksi ibu hamil dengan si buah hati selama trimester ketiga :

1. Mengajak bicara dan membaca doa


Dengan menanyakan apa yang sedang dia lakukan disana? Apa yang sudah dapat dia lakukan sekarang ? ini adalah permulaan membangun kedekatan dengan janin dalam kandungan Bunda. Selain itu membiasakan mengajak doa setiap akan dan sesudah tidur, pergi maupun hendak melakukan aktivitas lainnya juga dapat menghasilkan kebiasaan yang baik sejak berada di kandungan.
Ibu Hamil

2. Memperdengarkan lagu ataupun lantunan murottal qur’an


Memperdengarkan suara lagu-lagu yang bunda sukai akan membuat bunda dan janin anda menjadi rileks, selain itu bacaan murottal qur’an juga dapat menstimulasi perkembangan otak pada janin.

3. Membacakan buku cerita


Sebaiknya ketika bunda membaca buku dongeng ataupun novel keraskan suaranya, biarkan janin dalam kandungan latihan mendengarkan suara dari luar, selain itu ia akan mengenali suara Bundanya.

4. Membuat kolase foto kehamilan Bunda


Bunda bisa merasakan perkembangan janin dari minggu ke minggu. Melalui kolase foto kehamilan Bunda, nantinya Si Kecil juga bisa melihat seperti apa Bunda ketika mengandungnya.

5. Menstimulasi gerak janin


Melakukan beberapa hal ini dapat menstimulasi gerak janin bunda, antara lain membelai, mengusap, menepuk, makan manis ( glukosa yang diserapnya akan membuat janin semakin aktif bergerak ), melakukan olahraga.

6. Menceritakan kegiatan yang sedang Bunda lakukan


Ceritakan kepadanya apa yang Bunda lihat, apa yang Bunda lakukan dan siapa yang sedang Bunda temui, serta apa yang Bunda rasakan.Jika Bunda sedang kurang sehat pun, Bunda bisa menceritakan kepadanya. Bunda bisa mendoakannya agar selalu sehat. 


EmoticonEmoticon