Friday, December 6, 2019

4 Tips Penting Program Hamil Alami

haid tidak teratur

Setelah menikah dan berkeluarga, momongan adalah hal yang paling diinginkan semua pasangan. Berbagai macam program hamil pun dilakukan demi mendapatkan sang buah hati. Namun sebelum pergi ke dokter, ada baiknya untuk melakukan cara-cara alami terlebih dahulu. Tentu saja siklus haid tidak teratur harus bisa teratasi jika ingin merencanakan kehamilan. Anda juga bisa menggunakan alat femometer untuk mengetahui datangnya waktu ovulasi. Berikut ini 4 tips penting yang bisa dilakukan untuk menjalani program hamil secara alami.

haid tidak teratur
Ketahui masa subur dengan tepat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur. Sistem kalender, pengukuran suhu basal tubuh, hingga mengamati konsistensi lendir serviks bisa dilakukan secara mandiri. Ada juga alat pengukur kesuburan yang bisa digunakan, seperti femometer. Hal ini sangat penting karena pembuahan hanya bisa terjadi pada saat ovulasi. Dan sel telur hanya bisa bertahan selama 24 jam saja. Oleh karena itu, atasi terlebih dahulu siklus haid tidak teratur, ya.

Lakukan pola hidup sehat

Pola hidup sehat akan secara otomatis membuat sistem reproduksi menjadi sehat. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi bisa membuat keseimbangan hormon terjaga dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi normal dan tidak terganggu. Olahraga rutin juga bisa dilakukan untuk mencapai tingkat kebugaran tubuh yang maksimal.

Jauhi stress

Pikiran adalah faktor utama penyebab terjadinya gangguan pada kesehatan. Saat stress melanda, berusahalah untuk tetap rileks. Mungkin ada baiknya jika Anda dan pasangan pergi berlibur berdua pada saat masa subur berlangsung. Hal ini akan membuat otak dan pikiran lebih tenang, dan proses pembuahan bisa terjadi dengan baik.

Belajar dari pengalaman orang lain

Ada banyak orang yang memiliki pengalaman berharga saat berjuang memiliki momongan. Bahkan ada yang menempuh waktu bertahun-tahun untuk menjalani berbagai program hamil. Syukuri apapun prosesnya. Hati Anda harus bisa menerima semua keadaan yang diberikan. Manusia hanya bisa berkeinginan dan berusaha dengan maksimal.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjalani program hamil secara alami. Jangan lupa untuk mengatasi haid tidak teratur terlebih dahulu, ya. Semoga berhasil!


EmoticonEmoticon