Thursday, April 25, 2019

Cara Pakai Ovutest Untuk Menghitung Masa Subur

Cara Pakai Ovutest
Masa subur atau dikenal juga ovulasi yaitu masa terjadinya pelepasan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi. Ovulasi terjadi setiap satu kali dalam satu bulan atau siklus haid yang normal. Perlu diketahui juga bahwa siklus haid wanita yang normal setiap bulannya terjadi 21-35 hari (rata-rata 28 hari) secara rutin dan tidak mengalami keluhan yang berarti. Mengetahui masa subur dengan cara pakai ovutest ini penting diingat ketika pasangan yang telah menikah dan ingin memiliki momongan dapat menggunakan kesempatan ini untuk dapat berhasil terjadinya kehamilan. Masa subur yang melepaskan sel telur dan siap dibuahi hanya bertahan selama 24 jam saja.
Cara Pakai Ovutest
Wanita penting untuk mengingat atau mencatat siklus haid dalam sebulan apakah teratur dan lancar selama 21-35 atau tidak normal yang akan berpengaruh pada masa ovulasi. Cara menghitung masa subur dengan cara pakai ovutest atau mengetahui masa subur adalah 14 hari sebelum terjadinya haid di bulan berikutnya. Jadi untung penanda kalender penting nih dan memang harus tanggap juga sadar pada siklus haid yang penting untuk ditandai secara rutin. Rata-rata masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi, jika siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari. Waktu SMP mamih masih ingat betul guru biologi walaupun waktu itu laki-laki sering sekali mengingatkan murid yang sudah mengalami haid secara rutin dan jangan lupa untuk mencatat hari pertama haid setiap bulannya, bagaimana keadaannya apakah normal atau justru mengalami sesuatu yang mengganggu kegiatan sehari-hari.

Bila dirasa ada yang tidak normal atau peristiwa yang diluar kebiasaan saat siklus haid perlu adanya warning dan pemeriksaan dini. Beruntung di sekolah sekilas mamih memahami kondisi siklus wanita yang mengalami perubahan bila sudah mengalami haid, dan kebetulan mamih agak telat nih ketika haid pertama kali saat akan memasuki SMA. Karena sudah ada persiapan dan edukasi di sekolah sebelumnya mamih jadi suka mencatat betul dan paham saat menikah untuk mengetahui pentingnya masa subur. Sangat penting memang edukasi dari sekolah dengan pandangan medis juga ilmiah, tanpa ditakut-takuti dengan mitos yang gak jelas dan membuat tabu membicarakan masalah kewanitaan yang harusnya diketahui. Mengetahui masa subur juga perlu diingat adanya perubahan hormon yang terjadi pada seorang wanita dan memang dita


EmoticonEmoticon