Tuesday, October 30, 2018

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Penderita Diabetes

Related image

Setiap organ tubuh makhluk hidup memiliki peran masing-masing dalam melakukan aktivitas, begitu juga dengan manusia, dimana semua organ tubuh berfungsi untuk mendukung kinerja organ-organ penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, tidak selamanya organ-organ tersebut dapat berfungsi dengan baik, dimana adanya gangguan kesehatan yang membuat beberapa organ tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Hal tersebut disebabkan beberapa hal seperti faktor pola hidup yang tidak sehat. Menjaga agar tubuh tetap sehat adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang tanpa terkecuali, karena jika sudah terjadi gangguan kesehatan, maka kerugian besar yang akan ditanggung. Ada banyak tips menjaga kesehatan tubuh yang sudah dibaca dan dipelajari, namun tidak sedikit pula yang mengabaikannya.

Diantara anda mungkin saja ada yang mengidap penyakit diabetes, yang merupakan penyakit gula darah dengan kadar yang tinggi dan penyakit ini merupakan penyakit yang bisa diturunkan dari faktor genetic. Nah bagi anda yang memiliki riwayat diabetes, sebaiknya anda lebih hati-hati terutama dalam menjaga pola makan. 

Berikut ada beberapa tips menjaga kesehatan tubuh bagi anda penderita diabetes, yaitu :

1. Menjaga pola makan


Yang terpenting pada penderita diabetes yaitu asupan makanan dengan penjagaan yang ketat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar glukosa yang tinggi seperti makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Hindari penggunaan gula berlebih dalam makanan dan minuman, karena itu dapat memicu munculnya penyakit diabetes.

2. Berolahraga secara teratur


Dengan berolahraga, maka kandungan gula dan lemak di dalam tubuh akan semakin berkurang. Usahakan untuk berolahraga secara teratur sesibuk apapun anda. Dengan berolahraga, maka kandungan zat sampah di dalam tubuh termasuk lemak akan terbakar dan dikeluarkan melalui keringat. Begitu pun juga dangan jantung yang akan semakin cepat memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga kandungan gula di dalam darah menjadi berkurang.


3. Rutin melakukan cek up


Bagi penderita diabetes haruslah rajin untuk mengecek kadar gula darah, karena dengan begitu, maka kadar gula di dalam tubuh akan terdeteksi, sehingga anda menjadi lebih hati-hati dan menjaga pola konsumsi gula.

Itulah 3 tips bagi penderita diabetes untuk menjaga kesehatan tubuhnya.


EmoticonEmoticon