Saturday, November 25, 2017

Tips Cerdas Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Cerdas Mengatasi Anak Susah Makan
Masalah yang sering membingungkan sekaligus mengkhawatirkan bagi setiap orangtua adalah anak yang susah makan. Karena bagaimanapun juga anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Namun jika kondisi seperti ini terjadi, anak-anak tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya. Kita harus bekerja keras agar anak maun memakan makanan yang kita sajikan. 

Jika hal ini terjadi pada anda, berikut ada beberapa tips mengatasi anak susah makan, diantaranya:

Jangan memaksa
Terkadang kita selalu berusaha keras agar anak mau makan makanan yang kita sajikan, bahkan hingga membuat anak meronta karena kita paksa. Upaya seperti ini tidkalah efektif, malah membuat anak trauma sehingga tidak mau makan sama sekali. Sebaiknya saat anak menolak makanan yang kita tawarkan, jagnlah marah dan tetap bersikap tenang. Anda bisa bertanya kenapa dia tida mau makan, lalu coba tawarkan makanan alternatif lainnya.

Praktikan pola makan teratur
Dengan melakukan pola makan yang teratur bisa menjadi salah satu cara efektif mengatasi anak yang susah makan. Caranya dengan menyajikan makanan atau camilan pada waktu yang sama setiap hari. Meskipun mereka menolak, namunmereka bakal mengerti bahwa pada waktu tertentu akan tersedia makanan. Jika sudah terbiasa, maka si kecil akan meminta makan sendiri dan memilih makanannya sendiri.

Variasikan menu
Biasanya anak-anak memang gampang bosan, terutama dalam hal makanan. Agar si kecil mau makan, kita harus memberikan makanan yang bervariasi. Kita harus berusaha keras dengan menyajikan makanan secara kreatif agar menarik perhatian anak sehingga mau makan. Pilihlah sajian makanan yang warna-warni, karena hal ini menarik di mata anak-anak.

Sajikan dalam porsi kecil
Kapasitas perut anak berbeda dengan orang dewasa. Tidak perlu terlalu fokus untk menyajikan makanan lengkap pada anak. karena biasanya mereka memiliki selera yang berbeda-beda. Anda bisa menyajikan nasi dan sayur dengan posi kecil dahulu, jika dia lahap menyantap makanannya hingga habis, anda bisa menawarkan menu makanan lainnya.

Itulah beberapa tips mengatasi anak susah makan. Untuk memenuhi kabutuhan nutrisi anak yang susah makan, anda bisa memberinya madu ProVitamon yang mengandung kunyit yang dapat meningkatkan nafsu makan pada anak.


EmoticonEmoticon