Monday, July 24, 2017

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan sehat


Pada masa – masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan asupan gizi yang sempurna. Hal ini dilakukan agar ibu dan calon anak yang dikandung dalam kondisi sehat dan prima. Pola hidup sehat sangat wajib dilakukan oleh seorang ibu hamil untukm menjamin kesehatan dia dan janin yang dikandungnya. Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan adalah dengan memilih jenis makanan sehat yang baik untuk ibu hamil.

Ibu hamil bisa melalukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk mengetahui jenis – jenis makanan apa saja yang boleh dan harus dikonsumsi. Banyak jenis makanan enak dan mahal yang bukannya menyehatkan ibu hamil, justru malah bisa membahayakan bagi ibu dan janin. Jadi, seorang ibu hamil harus berhati – hati dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi ketika dia Nerada dalam masa kehamilan.

Dari sekian banyak makanan yang ada, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi dan aman dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Jenis makanan sehat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari makanan seperti nasi, ubi, ketela, jagung, gandum, dan kentang. Yang mana makanan mengandung karbohidrat ini berfungsi untuk tumbuh kembang janin agar dapat mencapai minimal 2,5 kg.
  2. Protein. Ketika sedang dalam masa hamil hendaknya ibu mendapatkan protein yang diperoleh dari kedelai, telur, daging, dan jenis kacang-kacangan. Karena pertumbuhan janin di dalam perut sangat membutuhkan protein.
  3. Vitamin. Bagi ibu hamil hendaknya mengkonsumsi jenis makanan seperti buah, daging, susu, ikan, kacang-kacangan, telur, sayur-sayuran, dan yoghurt. Dimana pada makanan tersebut terdapat berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan seperti vitamin B1, B2, B6, B12, D dan asam folat.
  4. Zat Besi. Zat besi dapat diperoleh dari makanan seperti sayuran, hati, dan daging. Zat besi dibutuhkan oleh plasenta sebagai media bayi mendapatkan oksigen dan gizi dari makanan yang dikonsumsi sang ibu
  5. Air Putih. Ketika masa hamil kebutuhan air akan lebih banyak. Karena ibu hamil lebih sering berkeringat dan buang air kecil. Jadi minumlah air putih dengan sering untuk membantu mengatasi dehidrasi saat masa hamil.

Itulah beberapa makanan sehat yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil, agar memiliki kondisi tubuh yang sehat dan prima sehigga proses kehamilannya berjalan dengan baik dan normal.


EmoticonEmoticon