Wednesday, July 19, 2017

Cara Mendidik Anak yang Baik Tanpa kekerasan

Cara Mendidik Anak yang Baik

Cara Mendidik Anak yang Baik dan tanpa bentakan ataupun kata – kata kasar sepertinya lebih efektif dalam membangun kepribadian dari anak anda. Karena dengan mendidik anak dengan kekerasan akan menimbulkan banyak dampak negatif kepada anak.

Nah, untuk itu, bagi orang tua perlu dipelajari tentang bagaimanakah Cara Mendidik Anak yang Baik dan lebih efektif dalam membentuk kepribadian anak anda. Berikut beberapa tips yang mungkin akan menginspirasi anda.


  1. Hindari mematahkan keinginan atau semangat anak
    Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua yaitu mematahkan rasa ingin tau anak, bisanya orang tua mengatakan “Jangan” karena orang tua terlalu khawatir terhadap anaknya, padahal ini merupakan cara mendidik yang kurang tepat. ketika anak bereksperimen yang mungkin sedikit membahayakan, orang tua umumnya cepat – cepat melarangnya. Pada dasarnya jika orang tua terlalu sering mengucapkan kata larang kepada anaknya akan menimbulkan dampak negatif kepada anak yang akan mengakibatkan tidak berkembangnya kreatifitas dari anak tersebut. Nah, bagi orang tua sangat disarankan untuk mengganti kalimat – kalimat larangannya dengan kalimat yang lebih mengarahkan, misalnya ketika anak berlaku kita dapat melarangnya dengan kalimat yang lebih mengarahkan misalnya “ pelan – pelan saja nak”.
  2. Jadilah figur idola untuk anak
    Biasanya setiap anak akan memiliki idolanya sendiri di dalam dunia imajinasinya. Sebenarnya tak hanya di dunia imajinasi saja sih, tapi di dunia nyata pun anak juga pasti ingin memiliki idola itu. Nah, sebagai orang tua, usahakanlah sebisa mungkin mencoba untuk menjadi idola bagi anak dengan cara menjadi apa yang diinginkan sang anak dan selalu siap diandalkan. Salah satunya yaitu dengan melakukan hal baik yang mungkin dapat membuat anak senang dan dapat ditiru olehnya.
  3. Berikan suasana nyaman kepada anak
    Ciptakanlah rasa nyaman ketika anak sedang bersama anda. Ajaklah dia untuk berdiskusi kecil ditengah-tengah kebersamaan tersebut. Untuk menciptakan rasa nyaman, cobalah untuk tidak menjadi yang paling tahu segalanya sehingga akan membuat terkesan mendominasi pembicaraan dan juga memancing dia untuk berlatih bersosialisasi.

Jadilah orang tuanya yang penyabar dan penyayang hingga langkah anda benar – benar Cara Mendidik Anak yang Baik. Terimakasih.


EmoticonEmoticon